Kantor Wali Kota Balikpapan

Realisasi Program BPJS Kesehatan Gratis Balikpapan Tunggu Perwali Terbit

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Program kesehatan gratis yang merupakan visi misi Wali Kota dan tertuang dalam RPJMD 2021-2026 hanya tinggal menunggu terbitnya Peraturan Wali Kota (Perwali)

“Ini prosesnya tinggal menunggu Perwali nya turun,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Andi Sri Juliarty kepada awak media pada Kamis (12/08/2021).

Pihaknya juga sudah melaporkan ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim sehingga bisa segera ditindaklanjuti. Karena rencananya akan mulai bergulir mulai September – Desember 2021.

“Karena Perwali kan harus ke Gubernur juga, harus ada harmonisasi dengan Kementerian Hukum dan HAM, kemarin kita sudah zoom dengan Provinsi,” ujarnya.

Wali Kota Rahmad Mas’ud mengatakan, hampir 200 ribu kepala keluarga (KK) yang akan masuk dalam program kesehatan BPJS kelas tiga gratis yang akan mulai dianggarkan dama APBD Perubahan.

“Kan sudah disetujui, mulai akhir tahun ini. Pesertanya hampir 200 ribu KK Dananya Rp 61 miliar itu untuk satu tahun. Anggaran masuk di APBD Perubahan,” ujarnya

Dia mengungkapkan, secepatnya program tersebut bisa dinikmati masyarakat. Karena masuk dalam RPJMD 2021-2026.  Dalam waktu dekat akan diterbitkan Peraturan Wali Kota (Perwali)

“Kita kan Perwali tinggal kita kasih keluar, cepat-cepat kita esekusi. Sesuai dengan komitmen kita bahwa masyarakat Balikpapan,” ujarnya

Namun dia meminta warga yang menunggak iuran BPJS Kesehatan agar segera menyelesaikan sehingga bisa masuk dalam program tersebut. Karena tidak ada  tidak dialokasikan untuk iuran warga yang menunggak.

“Kita bayarkan yang tidak menunggak. Ya selesaikan dulu, kan selamanya anda mendapatkan fasilitas gratis,” ujarnya

Comments

comments

Baca juga ini :  DPRD dan Pemkot Balikpapan Tandatangani MoU Pembangunan Gedung Dewan

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.