Ratih Kusuma

Sambut IKN, Destinasi Wisata Di Balikpapan Kian Bertambah

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com – Sebagai kota penyangga Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kota Balikpapan tentunya harus menyiapkan destinasi wisata.

“Kami mohon perhatian semua, karena ini pemberdayaan masyarakat melibatkan masyarakat seluas-luasnya, sehingga perlu diperhatikan kaitannya dengan sapta pesona, baik keamanan, ketertiban, keindahan, kebersihan, keramahan, sehingga para wisatawan mendapatkan kenangan,” ujar Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Balikpapan, Ratih Kusuma.

Ratih mengatakan, pengembangan destinasi wisata harus meliputi lima aksesbilitas yakni akses menuju ke wisata bisa dilalui roda dua maupun roda empat. Kemudian, tersedia jaringan karena orang berwisata itu adalah orang yang bahagia. Tentunya, wisatawan ingin mengabadikan momen tersebut dengan berfoto.

Selanjutnya, akomodasi yang menjadi penunjang pengembangan wisata. “Nanti ke depan ada guset house, vila yang bisa dibuat di sini,” katanya.

Keempat adalah pemberdayaan masyarakat dalam pengembangan UMKM seperti souvenir dalam bentuk Tanjung Gading.

Kelima, kegiatan masyarakat yang bisa dilakukan di wisata ini seperti memancing atau kegiatan lainnya yang menyesuaikan dengan nama wisatanya yakni gading. Begitu juga atraksi yang bisa dilakukan dengan budaya atau natural.

“Hal ini yang harus mereka perhatikan, dan harus mengikuti untuk menjaga kesehatan dengan menerapkan CHSE,” terangnya.

Comments

comments

Baca juga ini :  Polda Kaltim Telusuri Penyebab Tingginya Harga Daging Ayam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.