Hetifah Sjaifudian

Sambut IKN, Hetifah Sjaifudian : Kualitas Guru di Balikpapan Harus Ditingkatkan

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Seiring tahapan pembangunan ibu kota negara di wilayah Kalimantan menjadi peluang tersendiri bagi masyarakat di daerah.

Peluang besar yang akan tersaji  dari keberadaan IKN harus ditangkap dengan penguatan kompetensi sumber daya manusia (SDM).

Tenaga pengajar yang ada sekolah menjadi ujung tombak dalam mencetak sumber daya manusia yang unggul agar mampu bersaing dalam menangkap peluang yang tersaji dari keberadaan IKN.

Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian mengatakan bahwa saat ini,  Balikpapan merupakan salah satu kota yang menjadi round model, karena saat ini sedang banyak transformasi yang sedang terjadi.

Disamping bonus demografi, kemudian  ada pemindahan ibukota Nusantara. Dan semua aspek ini, ujung-ujungnya adalah kesiapan menyiapkan SDM dalam menangkap peluang tersebut.

“Balikpapan merupakan kota yang menerima paling menerima bonus transisi Ikn. Jadi tadi disebutkan kan ada banyak ribuan kesempatan kerja yang terbuka, tapi disisi lain kita memang harus mengantisipasi juga sebenarnya ke depan yang diperlukan apa saja bukan hanya jangka pendek,” ujarnya di Balikpapan.

Untuk menangkap peluang tersebut, hal tersebut harus dilaksanakan  mulai dari sekarang, bahkan mulai dari  tingkat PAUD karena nanti mereka yang akan menjadi pemimpin di masa akan datang.

“Kami ingin memberi semangat pada semua sekolah dari mulai PAUD sampai nanti juga perguruan tinggi, supaya kita  merasakan gitu, apa ada sense urgensi untuk melakukan perubahan,” ucapnya

Ia menjelaskan perubahan tersebut dilakukan   baik dari sisi metode pembelajaran kurikulum dan yang paling penting adalah gurunya.

“Kurikulumnya berubah juga kalau gurunya enggak siap berubah akan sangat sulit dilaksanakan.Makanya sekarang ini mungkin memberi terus  forum-forum kepada kepala sekolah dan guru saling bagi juga karena l Sebenarnya  upaya untuk membuat model pembelajaran yang lebih sifatnya itu mendorong adanya yang lebih adaptif pada tuntutan zaman,” pungkasnya.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.