Noor Thoha

Saran KPU Balikpapan Bagi yang Maju Melalui Jalur Independen  

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha meminta calon kepala daerah yang akan maju melalui jalur independen agar mempersiapkan diri jauh-jauh hari.

“Beberapa kali kami mendapati calon dari jalur independen itu kadang-kadang persiapannya gak cukup. Tiga bulan setelah di launching baru kumpulkan dukungan,” ujarnya disela-sela launching Tahapan Pemilu 2024, Selasa (14/06/2022).

Menurutnya, hal itu agar memiliki rentang waktu yang panjang untuk persiapannya mengumpulkan dukungan masyarakat. Seperti pengalaman-ngalaman sebelumnya.

“Nah ini dari tata waktu saja gak cukup. Maka kepada siapa saja tokoh masyarakat yang bersiap mencalonkan diri tolong dipersiapkan jauh-jauh hari,” ujarnya

Sesuai jadwal yang telah ditetapkan pemilihan kepala daerah (pilkada) Gubernur, Wali Kota dan Bupati dilaksanakan pada 27 November 2024. Sementara untuk pemilihan presiden, DPR, DPD, DPRD Provinsi maupun DPRD Kota Kabupaten pada  14 februari.

“Perlu kami sampaikan pilkadanya iu nanti jauh di tanggal 27 November Pemilunya 14 Februari,” ujarnya

Apalagi kata dia, masa kampanye juga sudah dipangkas dari sebelumnya sekitar 7 bulan dan kini menjadi hanya 75 hari. Sehingga KPU di daerah juga harus berjibaku dengan logistik.

“Kampanye 75 hari dari yang biasanya hampir 7 bulan diupangkas jadi75 hari dengan pendeknya masa kampanye ini menuntut Kpu untuk siaga penuh dalam hal pengadaan sampai distribusi logistik,” ujarnya

Meski begitu lanjutnya,  untuk pengadaan logistik yang biasanya memakan waktu cukup lama, Mendagri Tito Karnavian menyebut, nantinya bakal ada Peraturan Presiden (Perpres) yang mengatur.

“Nanti ada Perpres yang mengatur soal pengadaan logistik. Karena lamanya logistik itu di lelangnya itu, pengadaan sampai diumumkan pemenang lelang itu sampai 60 hari,” ujarnya

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.