Skuat Persiba Balikpapan saat menjalani latihan di lapangan sepakbola mini, Minggu (22/09) petang

Satia Bagdja : Jadi Alua Sebenarnya Bukan Pukul Wasit

BALIKPAPAN, Inibalikpapan – Pelatih Persiba Balikpapan Satia Bagdja nampak kecewa karena kehilangan  harus Septinus Alua hingga akhir musim. Pasalnya, mantan pemain PSIS Semarang itu mendapat sanksi berat dari PSSI tidak boleh beraktifitas selama enam bulan dalam sepakbola.

Hasil sidang Komisi Disiplin (Komdis) PSSI, pemain berdarah Papua itu dianggap melakukan protes dan memukul wasit yang memimpin pertandingan saat Beruang Madu menghadapi tuan rumah Persatu Tuban dalam lanjutan liga 2 di stadion Bumi Wali pada 14 September 2019.

Namun Satia mengatakan, berdasarkan pengakuan Alua, dirinya tidak memukul wasit maupun memakinya. Hanya menyentuhnya. Pemain berusia 29 tahun itu kata Satia, sebenarnya hanya ingin merebut kartu merah yang ingin dikeluarkan wasit untuk dirinya, ketika itu.

“Saya pikir dia maki-maki wasit, karena itu juga kartu. Tapi tiba-tiba kok kartu merah, saya tanya kamu ngomong apa? saya gak ngomong (maki), saya hanya toel (sentuh) dia (wasit). Saya sebenarnya hanya mau ambil kartu merah itu,” ujarnya.

Pelatih asal Jakarta itu menuturkan, sebenarnya Alua ingin protes kepemimpinan wasit yang dianggapnya tidak adil. Karena wasit dalam pertandingan yang berakhir untuk kemenangan Persatu hanya diam ketika pemain Persiba mendapat perlakukan kasar dari pemain lawan.

“Dia emosi itu melihat teman-temannya (dikasari). Sebelum itu dia dihantam juga gak ada kartu (pemain lawan gak dikasih kartu, Jadi Alua sebenarnya bukan mukul, karena saya juga gak tahu (tidak ada di lapangan),” ujarnya.

Bahkan lanjutnya, usai mendapat kartu merah, Alua juga tak beraksi apapun. Dia bahkan menyalami wasit dan langsung meninggalkan lapangan tanpa melakukan protes. Alua juga terlihat sangat menyesal atas kejadian itu. Apalagi tim kebanggan masyarakat Balikpapan itu gagal curi curi poin.

Baca juga ini :  Pemkot Balikpapan Terbitkan Surat Edaran, Libur Panjang Nasional Warga Diminta Tetap Dirumah

“Saya lihat Alua ini menyesal, karena sama wasit juga tidak konfrontasi saat dikasih kartu merah, dia salaman, lalu dia jalan dia keluar, dia keluar pun gak melakukan apapun. Dia merasa menyesal, apalagi timnya jadi kalah,” ujarnya.

Hingga kini Satia Bagdja masih menunggu hasil banding yang diajukan Manajemen Persiba. alua pun masih terlihat mengikuti latihan bersama skuat Persiba.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.