Lapangan Migas Pertamina Hulu Kaltim
Lapangan Migas Pertamina Hulu Kaltim

Tahun Ini PHI Rencanakan 90 Program CSR di Wilayah Operasi Kalimantan

BALIKPAPAPAn, Inibalikpapan.com – PT Pertamina Hulu Indonesia (PHI) menyampaikan, ada lebih dari 90 program pemberdayaan dan pengembangan masyarakat yang direncanakan di wilayah operasi Perusahaan di Kalimantan melalui program corporate social responsibility (CSR) tahun ini

Demikian disampaikan Manager Communciation Relations and CID Regional Kalimantan, Dony Indrawan dalam acara Bincang Asyik Soal Migas Bareng PHI (BASO IGA PHI 2.0) hari kedua pada Jumat (19/08/2022)

“Kami berkolaborasi dengan seluruh pemangku kepentingan, terutama masyarakat dan pemerintah daerah dalam menjalankan program-program CSR perusahaan sehingga mampu menciptakan manfaat dan nilai yang dinikmati bersama (creating shared value),” jelas Dony dalam siaran persnya.

Menurutnya, program CSR pemberdayaan dan pengembangan masyarakat disusun dalam kebijakan dan strategi jangka panjang 2022-2026. Pelaksanaannya mengandeng stakeholder terkait di daerah.

“Melalui perencanaan yang komprehensif, implementasi kolaboratif, serta evaluasi yang terstruktur, program-program CSR Perusahaan berhasil menorehkan berbagai prestasi baik di tingkat lokal, nasional, bahkan internasional,’ ungkap Dony.

Selain meningkatkan taraf perekonomian dan sosial masyarakat, menurut Dony, program-program CSR unggulan berhasil mengantarkan Perusahaan memperoleh 5 PROPER Emas dan 11 PROPER Hijau pada Tahun 2021.

PROPER adalah program penilaian peringkat kinerja lingkungan perusahaan yang digelar oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) setiap tahun dengan peringkat Emas sebagai penghargaan puncaknya.

Dony menambahkan, dalam rangka mencapai visi Perusahaan untuk menjadi Perusahaan Minyak dan Gas Bumi Kelas Dunia, PHI berkomitmen menerapkan prinsip ESG (Environment, Social, Governance) dalam setiap kegiatan operasi dan bisnis migas sehingga mampu menghasilkan energi yang berkelanjutan.

PHI juga terus menerapkan praktik Good Corporate Governance (GCG) dalam kegiatan bisnis dan operasinya. PHI berhasil mendapatkan skor final Good Corporate Governance (GCG) Assessment sebesar 81,614 dengan kategori baik pada Triwulan II 2022.

Baca juga ini :  PT Pertamina Hulu Indonesia Gelar Seminar Upaya Industri Migas Membangun Kemandirian Masyarakat

Selain itu, Perusahaan juga berhasil mempertahankan sertifikasi ISO 37000/2016  tentang Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) untuk PHI dan PHM.

Manager Compliance and Board Support PHI, Hasti Rachmawati Hasti menjelaskan bahwa kepatuhan PHI terhadap semua ketentuan peraturan dan perundangan menjadi kunci keberhasilan Regional 3 Kalimantan dalam mengelola operasi dan bisnis yang baik

”Catatan untuk target LHKPN, GCG Assessment dan SMAP kita sangat baik. Untuk pelaporan GCG online, seluruh pekerja juga didorong terus untuk disiplin sehingga Regional 3 Kalimantan dapat mencatatkan angka 100% dalam pelaporan GCG,” papar Hasti.

Hasti juga menambahkan, seluruh pekerja n selalu berperan aktif untuk mewujudkan lingkungan kerja Regional 3 yang bersih dari segala bentuk kecurangan, penyimpangan, maupun penyuapan, sehingga Perusahaan dapat mewujudkan lingkungan kerja yang nyaman dan aman.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.