Tahun Ini, Yayasan Kanker Indonesia Cabang Balikpapan Gencar Tes IVA dan Kampanye Sadari

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Balikpapan gencar melakukan tes IVA (inspeksi visual asam asetat) untuk mendeteksi lebih dini keberadaan kanker leher rahim/kanker mulut rahim.

Ketua YKI Cabang Balikpapan, Sri Soetantinah mengatakan, pemeriksaan tes IVA dilakukan untuk mencegah kaum perempuan menderita jenis kanker tersebut.

“Berdasarkan data Yayasan Kanker Indonesia, kanker leher rahim atau mulut rahim, menjadi penyebab kematian nomor satu dari jenis kanker yang menyerang wanita,” katanya.

Kanker leher rahim yang juga dikenal dengan kanker serviks seringkali tidak disadari, karena tidak menimbulkan gejala. Penyakit ini juga sulit terdeteksi pada stadium awal.

“Salah satu cara yang paling tepat adalah melalui skrining kesehatan atau deteksi dini seperti yang kami lakukan saat ini,” kata Sri Soetantinah lagi.

Kanker leher rahim, umumnya baru terdeteksi ketika sudah stadium lanjut. Akibatnya, proses pengobatan yang harus dilakukan menjadi lebih sulit dan biaya pengobatannya pun menjadi lebih mahal.

Namun dibandingkan dengan jenis kanker lainnya, kanker serviks sebetulnya paling mudah dicegah dan dideteksi. Caranya dengan melakukan deteksi dini dan pemberian vaksinasi.

Menurut Sri Soetantinah, YKI Cabang Balikpapan rutin melakukan penyuluhan dan pemeriksaan IVA Test hingga menjangkau daerah pinggiran.

Program Sadari

Pengurus YKI Cabang Balikpapan mengunjungi rumah singgah pasien kanker

Selain tes IVA, yayasan yang berdiri sejak tahun 2012 itu juga rajin menggelar kampaye Sadari atau Pemeriksaan Payudara Sendiri. Kampanye ini untuk mencegah penyakit kanker payudara yang juga cukup banyak di derita masyarakat Indonesia.

Riset Kementrian Kesehatan RI tahun 2013 menyebutkan kanker payudara merupakan salah satu prevalensi kanker tertinggi di Indonesia, yaitu 50 per 100.000 penduduk.

Sementara itu,  kanker payudara termasuk dalam 10 penyebab kematian terbanyak pada perempuan di Indonesia dengan angka kematian 21,5 per 100.000 penduduk.

Faktor yang dapat memicu kanker payudara antara lain perokok aktif dan pasif, pola makan buruk, usia haid pertama di bawah 12 tahun, perempuan tidak menikah, perempuan menikah tidak memiliki anak, melahirkan anak pertama pada usia 30 tahun, tidak menyusui dan lain sebagainya.

Baca juga ini :  Penderita Kanker di Balikpapan Capai 1.215 Kasus

Kanker payudara sangat berbahaya dan harus diwaspadai sejak dini. Meskipun demikian, kanker payudara dapat dicegah dengan perilaku hidup sehat, rutin melakukan Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI) yang dilakukan oleh setiap perempuan dan Pemeriksaan Payudara Klinis (SADANIS) oleh tenaga kesehatan terlatih.

Riset Penyakit Tidak Menular (PTM) 2016 menyatakan perilaku masyarakat dalam deteksi dini kanker payudara masih rendah. Tercatat 53,7% masyarakat tidak pernah melakukan SADARI, sementara 46,3% pernah melakukan SADARI; dan 95,6% masyarakat tidak pernah melakukan SADANIS, sementara 4,4% pernah melakukan SADANIS.

Bantuan Kepada Penderita Kanker

Selama terbentuk, YKI Cabang Balikpapan telah melakukan berbagai kegiatan. Selain kampanye bahaya kanker melalui seminar dan pelatihan, YKI Cabang Balikpapan juga memberikan bantuan secara langsung kepada penderita kanker.

Mengunjungi penderita kanker di rumah singgah

Bantuan tersebut baik berupa bantuan biaya pengobatan, pemberian makanan tambahan (ekstra pouding) bagi pasien kemo dan post kemo. Pendampingan sewaktu kemoterapi, juga ada pemeriksaan kesehatan gratis IVA tes dan papsmear, dan sebagainya.

Selama tahun 2018, YKI Balikpapan telah memberikan bantuan makanan tambahan kepada 130 orang, bantuan biaya pengobatan kepada 29 penderita kanker, dan ratusan warga dalam pemeriksaan IVA dan papsmear.     

Tentang YKI Cabang Balikpapan

Yayasan Kanker Indonesia (YKI) cabang Balikpapan adalah organisasi nirlaba yang bersifat sosial dan kemanusiaan di bidang kesehatan, khususnya dalam upaya penanggulangan kanker. Yayasan ini dibentuk pada 18 Oktober 2012.

Tujuan Yayasan Kanker Indonesia ( YKI ) cabang Balikpapan  adalah mengupayakan penanggulangan kanker dengan menyelenggarakan kegiatan di bidang promotif, preventif dan suportif.

Menyadari bahwa penanggulangan kanker hanya mungkin berhasil bila dilakukan oleh semua pihak, maka YKI Cabang Balikpapan  melaksanakan kegiatannya dengan bekerjasama dengan semua pihak, baik pemerintah, organisasi profesi, lembaga swadaya masyarakat, swasta dan badan usaha lainnya baik di dalam Kota Balikpapan sendiri maupun yang ada diluar Kota Balikpapan. YKI memiliki cabang di seluruh Indonesia.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.