Pesona Teluk Seribu Balikpapan yang penuh warna-warni.(foto: www.disporabudpar-bpn.com)

Tak Perlu Jauh-Jauh ke Italia, Balikpapan Punya Kampung Warna Warni Teluk Seribu

Inibalikpapan.com, BALIKPAPAN.- Keindahan Desa Warna Warni di Riomanggiore, Itali yang keindahannya sudah tersohor di dunia,  hari ini, Selasa (28/2/2017) bakal punya pesaing baru dengan hadirnya Kampung Warna Warni Teluk Seribu di Balikpapan.

Kampung nelayan Manggar Baru di wilayah Balikpapan Timur yang terdiri dari 236 unit rumah kayu, disulap menjadi kampung penuh warna warni. Mulai dari dinding, atap rumah, gang-gang, lantai jalan dan jembatan masuk ke kawasan ini sudah dicat beraneka warna. Ada warna, merah, kuning, hijau, pastel, pink, dan lainnya tampak cukup menarik.

Pengecatan dilakukan tidak saja oleh penduduk sekitar, melainkan melibatkan banyak sukarelawan dari komunitas dan instansi di Balikpapan. Tak cukup itu, seniman yakni pelukis-pelukis kawakan di Kota Minyak ikut terjun khusus menorehkan lukisannya di dinding-dinding sepanjang 100 meter menuju pemukiman. Aneka lukisan yang menggambarkan kearifan lokal, seperti pemandangan alam, kota, hutan dan binatang dapat ditemui di sini.

Bila di Desa Riomaggiore, Italia. (www.khatulistiwatravel.com)

Bila di Desa Riomaggiore, Italia berada di kawasan lembah dan berhadapan langsung dengan Laut Mediterania, maka Kampung Warna Warni Teluk Seribu berada di Teluk Balikpapan yang menghadap ke laut Manggar dan kapal-kapal nelayan di antara jembatan besi. Yang menarik, di kawasan ini pengunjung dapat menyusuri Sungai Manggar dengan perahu dengan pemandangan hutan mangrove, dan hewan Bekantan, atau monyet Belanda berhidung panjang yang hanya ada di Kalimantan.

“Pengunjung  bisa menyusuri Teluk Seribu menggunakan kapal-kapal nelayan yang bisa dimuati antara 15 hingga 20 orang. Tarifnya sekitar Rp300 ribuan perjamnya untuk satu perahunya,” kata Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata kota Balikpapan Oemy Fasesly, Senin (27/2/2017) kepada wartawan, sembari secara resmi destinasi wisata baru ini diresmikan Walikota Balikpapan, Selasa (28/2/2017).

Baca juga ini :  Ruas Jalan Kilometer 13 Balikpapan Dibersihkan

Harapannya, objek wisata baru rumah warna warni Teluk Seribu dapat membantu mempromosikan Kota Balikpapan sebagai daerah wisata, baik nasional maupun internasional. Khususnya wisata menyusuri sungai Manggar dan Teluk Seribu dengan pemukiman nelayan terletak di RT 3, RT 4 dan Rt 32 yang kini berubah warna-warni, dapat menjadi penopang sektor pariwisata Kota Balikpapan.

Selain itu, wisata menyusuri sungai Manggar dapat menjadi potensi wisata yang berkembang menjadikan Teluk Seribu sebagai daerah tujuan wisata bahari yang terkenal skala nasional dan internasional, sekaligus menjadi salah satu tiang utama penopang sektor pariwisata di kota Balikpapan.

“ Kami targetkan pengunjung sebanyak-banyaknya, semua objek wisata di Balikpapan punya keunikan dan keunggulan masing-masing, termasuk di Kampung Warna Warni Teluk Seribu ini, pengunjung bisa menikmati pemandangan sekaligus menyusuri sungai,” jelas Oemy Fasesly.

Penulis:  Andi Amir

Editor: San Tri

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.