Relawan Bank Sampah Kota Hijau

Tidak Semua Kecamatan dan Kelurahan di Balikpapan Miliki Bank Sampah

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Tidak semua kelurahan maupun kecamatan di Kota Balikpapan yang memiliki bank sampah. Demikian disampaikan Ketua Bank Sampah Kota Hijau Wilayah Balikpapan Selatan Abdul Rahman.

“Jadi kita mau kelola sampah organik dan anorganik. Kita sih maunya kedepan setiap RT punya bank sampah,” ujarnya pada Sabtu (23/10/2021)

Meskipun sebenarnya sudah ada imbauan dari Pemerintah  agar setiap kecamatan maupun kelurahan memiliki bank sampah. Sehingga warga bisa menukarkan sampah yang sudah dipilahnya dari rumah.

“Kita punya klegiatan setiap minggu kedua dan minggu ke empat setiap bulan kita melakukan penimbangan hari Sabtu,” katanya.

Menurut dia, warga yang tidak memiliki waktu atau tidak sempat membawa sampah yang telah dipilahnya dari rumah agar didonasikan. Karena dari sampah yang telah dipilah tersebut, bisa menghasilkan pendapatan.

“Kita kalau tidak mau bawa ke bank sampah silahkan di donasikan masih banyak orang-orang menerima sampah yang kita hasilkan,” ujarnya.

“Dan kalau memang tidak mau, setidaknya sampah yang sudah kita kelola dari rumah itu sudah pisahkan, memudahklan juga saudara-saudara kita yang memang pemulung mengambil,” ujarnya

Misalnya pemulung, tidak perlu lagi repot-repot harus memilah lagi ketika dibuang ke TPS. “Jadi gak perlu lagi dia korek-korek TPS, tinggal dia mengambil yang punya nilai ekonomis yang sudah dipilah,” ucapnya.

Kata dia, sampah yang dikelola justru bisa mencegah terjadinya bencana akibat perubahan iklim. Seperti terjadinya bencana alam banjir akibat sampah yang tidak dikelola secara baik.

“Perubahan ikilm ini nyata bencana, ancamanya nyata, kalau bisa semua warga itu bisa memilah sampah dari sumbernya,” tandasnya.

Comments

comments

Baca juga ini :  Warga Kaltim Diimbau Segera Daftar Vaksinasi, Syaratnya Hanya Usia Diatas 18 Tahun

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.