Home / iniFLASH / Tumpahan Minyak, DLH Klaim Kualitas Udara Masih Normal

Tumpahan Minyak, DLH Klaim Kualitas Udara Masih Normal

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Dinas Lingkungan Hidup Balikpapan menyatakan meski bau menyengat tumpahan minyak masih tercium namun pihaknya menilai kondisi udara Balikpapan masih normal.

Upaya-upaya yang dilakukan yakni mengurangi tumpahan minyak masuk ke darat termasuk ke badan sungai.

” Kalau pengaruh ke tanah kita sudah ambil sampel tanah terutama di daerah-daerah mangrove,” katan kepala Dinas Lingkungan Hidup Balikpapan Suryanto usai rapat kordinasi dengan KSOP dan seluruh stakeholder Kota Senin siang (2/4/2018).

” Kalau udara bau saja di dam, Sepinggan juga bau memang. Kemarin kita cek udara masih normal,” tandasnya.

Sementara tumpahan minyak menurut pantauan tim sudah masuk ke Muara sungai seperti dekat samping Monpera, dan dekat Bandara.

Suryanto menyatakan bahwa kasus ini sudah masuk persoalan nasional namun pemerintah kota tidak tinggal diam. Proses penanganan katanya dilakukan bersama-sama seperti hari ini juga mengumpulkan oilboom dari perusahaan sehingga sehingga titik sebaran bisa dicapai lebih banyak.

“Nanti setelah itu disedot pakai alat dimasukkan ke dalam tugboat. Karena areal cukup luas,” katanya.

Untuk pengusutan kasus ini pihaknya menyerahkan pada gakum KLHK dan kepolisian. DLH juga melakukan pengambilan sampel minyak. ” Pengungkapan kasus bergantung pada hasil sampling dan tindakan selanjutnya dari gakum. Kami support gakum. Polda juga akan menyelidiki,” tukasnya.

Comments

comments

About andi aa

Check Also

DPRD Tak Sepakat Diberlakukan Kembali Pembatasan, Minta Semua Sektor Usaha Dibuka

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – DPRD Kota Balikpapan meminta agar Pemerintah Kota tak memberlakukan pembatasan kembali. Pasalnya, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.