Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi

Wali Kota Balikpapan : Lahan Milik Pemkot dan Pertamina Kita yang Selesaikan

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi optimis pembangunan jalan layang atau fly over Muara Rapak akan realisasi. Pasalnya, Komisi III DPRD Provinsi Kaltim sudah langsung meninjau lokasi yang akan dibangun

“Optimis, karena Komisi III DPRD  mengamini dan pelaksanaannya sejak 2021. Mereka sampai kesini,” ujar Rizal, Jumat (13/11).

Saat ini Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kaltim tengah merevisi detail engineering design (DED). Karena DED yang dibuat Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan pada 2014 lalu. Harapannya revisi DED tuntas paling lama Desember tahun ini.

“Karena revisinya sudah dilaksanakan mudah-mudahn selesai Desember jadi multiyearsnya sudah bisa dilaksanakan 2021 supaya 2 tahun sudah selesai,” ujarnya.

Soal pembebasan lahan yang akan digunakan untuk jalan yang yang diperkirakan sepanjang 550 meter, Rizal menyatakan, untuk pembebasan lahan milik masyarakat akan dibiayai dari APBD Provinsi Kaltim. Kecuali lahan miliki Pertamina maupun Pemkot

“Lahan kan tiga kepemilikan, lahan Pemkot, Pertamina dan masyarakat. Lahan masyarakat mungkin dibantu oleh Pemerintah Provinsi juga, lahan Pemkot dan Pertamina nanti kita yang selesaikan,” ujarnya.

Soal kebutuhan anggaran, Rizal belum mengetahui. Karena masih menunggu revisi DED tuntas. Namun kemungkinan tidak sebesar DED sebelumnya. Karena ada perubahan dari sebelumnya rencana 4 jalur menjadi hanya 2 jalur.

“Masih direvisi jadi masih akan kita lihat lagi (anggaranngya). Masih nunggu revisinya dulu, sehingga konkrit berapa lahan yang mesti kita bebaskan, berapa bangunan yang terkena dan biaya pembangunannya,” ujarnya.

“Yang sebelumnya Rp 200-an miliar tapi kan ini ada revisi ada pengecilan dari 4 lajur menjadi 2 lajur saja, supaya lahannya tidak besar, biayanya tidak besar. Kalau yang DED lama 1,5 hektar, kalau revisi mungkin gak sampai 1 hektar.”

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.