Warga Balikpapan Gelar Aksi Solidaritas untuk Yuyun dilapanganh Merdeka Balikpapan, Minggu (07/05) sore

Warga Balikpapan Gelar Aksi Solidaritas untuk Yuyun

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Puluhan warga Kota Balikpapan yang berasal dari berbagai komunitas menggelar aksi solidaritas untuk Yuyun, siswi SMP di Bengkulu yang menjadi korban pemerkosaan.

Mereka yang menamakan Save Our Sister menggelar aksi solidaritasi itu di lapangan Merdeka, Minggu (07/05) petang. Mereka memasang foto Yuyun ukuran 1×1 dengan tulisan “Saya bersama yuyun # nyalauntukyuyun.

Aksi ini mendapat perhatian ratusan masyarakat yang melakukan aktivitas di sekitar lapangan Merdeka. Mereka menyalahkan lilin penerang untuk yuyun tepat pada pukul 18.00 wita.

Dalam aksi itu juga hadir Merlin wanita Balikpapan yang juga menjadi korban pencobaan pemerkosaan diatas speedboat. Ketika itu Merlin yang melakukan perlawanan dan berhasil lolos.

“Saya melawan dan menggigit telinga (pelaku). Itu saya sendiri dengan pelaku. Tapi bagaiamana dengan yuyun dengan 14 orang pelaku,” kata Merlin. Kejadian kelam itu berlangsung 10 tahun lalu.

Sementara Mei Kristi Koordinator Aksi Solidaritas mengatakan, apa yang dialami Yuyun menjadi duka seluruh masyarakat Indonesia termasuk warga Kota Balikpapan.

“Begitu banyak kasus ini menyedot perhatian masyarakat  Kasus Yuyun benar-benar paling biadab. Ini jadi  Gerakan duka nasional untuk yuyun 
cukup terakhir kasus ini  tidak boleh ada kasus serupa,” kata Mei Kristi.

Menurutnya predator pemerkosa masih mungkin ada diluar sana karena itu semua pihak harus bertindak karena kejahatan ini dapat mengintai kepada siapa saja termasuk anak keturunan, saudara ataupun tetangga kit.

“Kita harus bertindak bersama untuk menghentikan kasus pelecehan seksual dan pemerkosa.Jauh ini dan jangan sampai ini terjadi di kota Balikpapan,” tandasnya 

Save Our Sister  merupakan Organisasi perlindungan perempuan sedunia yang secara serentak melakukan kampanye untuk kasus Yuyun.

Comments

comments

Baca juga ini :  Hari Raya Waisak, Polres Perketat Pengamanan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.