Home / iniFLASH / Waspadai Orang Tanpa Gejala, Gunakan Masker
ilustrasi (foto pedulisehat.id)

Waspadai Orang Tanpa Gejala, Gunakan Masker

SAMARINDA, Inibalikpapan – Pemerintah Provinsi Kaltim berulangkali mengingatkan warganya agar tetap waspada, terhadap penularan virus corona atau covid1-19. Karena penularan bisa terjadi kapanpun tanpa diketahui.

Bahkan yang kini paling diwaspadai orang yang tanpa gejala, tanpa sengaja kemudian menularkan. Karena tidak mengetahu dirinya telah tertular. Karena kini pasien tanpa gejala justru semakin banyak yang dirawat di rumah sakit.

“Kenapa ini perlu kami sampaikan karena semakin banyak yang terklonfirmasi positif yang sebelumnya tanpa gejala,” ujar Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim Andi M Ishak.

 Bahkan kata dia, orang tanpa gejala itu, berada diluar melakukan aktifitas, diluar pantauan Dinas Kesehatan setempat. Tidak masuk dalam kelompok orang dalam pemantauan (ODP), justru sangat berbahaya.

 “Jadi kita tidak tahu sekarang dengan semakin banyaknya dalam kelompok orang yang tanpa gejala dan tidak masuk dalam pemantauan atau ODP.  Jadi ada kelompok lain yang tanpa gejala yang tidak kita tahu,” ujarnya.

Karena itu kata dia, untuk menekan penularan, diwajibkan kini menggunakan masker saat melakukan aktifitas diluar rumah. Karena saat diluar rumah sangat rentan tertular, sehingga harus ada langkah pencegahan.

“Salah satu upaya kita untuk menjaga atau menekan penularan ini adalah dengan penggunaan masker, penggunaan masker ini diwajibkan selama kita berada diluar rumah. Pada saat kita berbicara, pada saat kita batuk itu bahay,” ujarnya

“Kalau harus keluar rumah maka gunakanlah masker kain, tetap menjaga jarak dengan yang lain terutama. Rajin cuci tangan dengan sabun,” ujarnya.

“Tentunya juga menjaga kebersihan diri, keberihan lingkungan, kenbersihan rumah. Menjaga kebersiahan bersama pada tempat-tempat umum yamng sering dikunjungi.”

Comments

comments

About glen

Check Also

Update 27 Mei 2020 : Bertambah 1 Kasus Positif Covid-19 di Balikpapan, 1 Kasus Sembuh

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Kasus terkonfirmasi positif di Kota Balikpapan masih terus bertambah. Hal itu disampaikan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.