Wali Kota Rahmad Mas'ud menghadiri pembukaan bursa kerja di Gedung BSSC Dome

Yuk ke BSSC Dome Balikpapan, Ada 1.975 Lowongan Kerja

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Pemerintah Kota Balikpapan menggelar Job Market Fair atau bursa lowongan kerja yang di gelar di Gedung BSSC Dome Balikpapan, Selasa (06/09/2022).

Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud mengatakan, dalam bursa kerja tahun ini melibatkan sebanyak 95 perusahan dengan menyediakan 1.975 lowongan. Sehingga jadi kesempatan pencari kerja.  

“Lowongan pekerjaan ini adalah upaya yang dilaksanakan Pemot Balikpapan melalui Dinasker melalui peningkatan opelayanan dalam rangka penempatan kerja  kepada masyarakat, khususnya bagi pencari kerja dan pengguna tenaga kerja,” ujarnya

Harapannya, dengan adanya bursa kerja tersebut, bisa mengurangi angka pengaguran di Kota Balikpapan yang cukup mencapai 8,94 persen. Setelah pandemi COVID-19.

“Sebagai upaya mengurangi pengangguran dan meningkatkan kesejahteraan,” ujarnya

Meskipun pada hari pertama, belum terlihat antusias yang tinggi dari pencari kerja. Karena dari laporan yang diterimanya, dari 1.975 lowongan tersebut baru asa 1.400 pencari kerja yang melamar

“Berrati masih ada 500-an lebih (lowongan). Ini menandakan semangat anak-anak kita yang mau bekerja di rumahnya sendiri masih perlu di campuk,” ujarnya

“Maindset mereka harus diubah dulu sehingga kerja apapun yang coba kita tawarkan ke mereka yang harusnya mereka harus antusias,”

Dirinya berkomitmen agar jangan sampai warga Kota Balikpapan menjadi penonton di rumah sendiri.  Apalagi setelah Kota Balikpapan menjadi daerah penyangga Ibu Kota Nusantara (IKN)

“Kami Pemerintah Kota Balikpaan dan Pemerintah Provinsi, kami berkomitmen jangan sampai putra putri kami jadi pento di rumah kita sendiri,” ujarnya.

Kata Rahmad Masud, akan terus berkomitmen dalam menempatkan masyarakat Kota Balikpapan untuk dapat bekerja di kotanya sendiri.

Hal ini juga berkaitan dengan posisi Kota Balikpapan sebagai penyangga Ibu Kota Negara.

Baca juga ini :  Usai Divaksin, Calon Jamaah Haji Berharap Tahun Ini Berangkat ke Tanah Suci

“Balikpapan sebagai posisi yang sangat strategis untuk menyangga ibukota negara, tentunya akan kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya,” katanya. 

“Kami Pemerintah Kota bekerja sama dengan pemerintah provinsi, kami berkomitmen jangan sampai putra putri kita menjadi penonton di rumah kita sendiri,” tambahnya.

Lebih lanjut Rahmad berharap sederer perusahaan yang hadir terus bersinergi dengan Pemerintah kota, khususnya dalam memantau perkembangan angka pekerja maupun pengangguran di kota Minyak.

“Saya berharap terus selalu bersinergi dengan Pemerintah kota Balikpapan. Diharapkan kalau karyawannya ada yang baru, tetap didaftarkan ke disnaker,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Disnaker Kota Balikpapan Agung Budi Wibowo, mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk mengurangi pengangguran yang ada di kota Balikpapan.

“Tujuannya adalah agar bisa mengurangi angka pengangguran yang ada di kota Balikpapan,” ucapnya.

Ia menambahkan, di bulan Oktober mendatang pihaknya juga akan menggelar Apprentice Market Fair (AMF) untuk meningkatkan kompetensi para pencari kerja di Balikpapan.

“Di bulan Oktober kami juga kan melaksakan kegiatan AMF Pemagangan yang bertujuan meningkatkan kemampuan kompetensi bagi pencaker,”tambahnya.

Lebih lanjut, Agung berharap perusahaan yang hadir dalam pameran bursa hari ini. Juga turut berpartisipasi dalam kegiatan AMF Pemagangan tersebut.

“Partisipasi tersebut sangat diharapkan pengingat bisa meningkatkan kompetensi para pencari kerja,” pungkasnya.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.