Kantor Pelayanan Pajak Balikpapan (foto : Rachmadaty)

2016, Kanwil DJP Kaltimra Targetkan Penerimaan Pajak 23,9 Triliun

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Kantor Wilayah Direktorat Jendral Pajak (DJP) Kalimantan Timur dan Utara (Kaltimra) menargetkan realisasi penerimaan pajak tahun ini mencapai Rp23,9 triliun.  Target tersebut naik dari target tahun 2015 yakni 23,4 triliun.

Kepala Kanwil DJP Kaltimra Harry Gumelar optimis tahun ini akan tercapai dengan akan menerapkan upaya ekstensifikasi dan intensifikasi. “Ekstensifikasi dan intensifikasi akan diarahkan pada para wajib pajak orang pribadi, jadi yang bukan karyawan, kalau karyawan kan gajinya sudah dipotong sesuai dengan pasal 21. Kalo dilihat di Samarinda dan Balikpapan potensi ekstensifikasi masih tinggi,” terangnya di kantor DJP Kaltimra, Jumat (15/1/2016).

Harry menjelaskan sepanjang tahun 2015, realisasi penerimaan pajak Kantor Wilayah Direktorat Jendral Pajak Kalimantan Timur dan Utara mencapai Rp17,2 triliuan atau 73,76 persen dari target.

Kepala Kanwil DJP Kaltimra Harry Gumelar  (foto : Racmadaty)
Kepala Kanwil DJP Kaltimra Harry Gumelar (foto : Racmadaty)

Realisasi itu diakuinya tidak mencapai target. Hal itu karena menurunnya kinerja industri yang menjadi andalan penerimaan pajak di Kaltim yakni sektor penggalian dan pertambangan.

Selain itu, Harry menuturkan industri pertambangan batu bara yang lesu juga menimbulkan multiplyer efek pada sektor turunan penunjang pertambangan batu bara.

“Sekitar 33,4% penerimaan pajak di Kaltimra didominasi oleh pertambangan dan penggalian. Disusul oleh sektor perdagangan besar dan eceran sebesar 11,9%, sektor konstruksi sebesar 11,02%, sektor administrasi pemerintah sebesar 7,9%, dan sektor industri pengolahan sebesar 7,2%,” tutupnya.

 

Rahmadaty

Comments

comments

Baca juga ini :  PT Angkasa Pura I Balikpapan Bantu Sembako dan Kebutuhan Bayi Korban Banjir Samarinda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.