Home / iniFLASH / Aksi Peduli Diananta Berhasil Galang Bantuan Rp 14 Juta
Aksi Peduli Diananta

Aksi Peduli Diananta Berhasil Galang Bantuan Rp 14 Juta

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com –  Aksi gerakan kolektif Koalisi untuk Masyarakat Adat dan Kebebasan Pers berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp 14 juta. Dana tersebutakan diserahkan ke istri Diananta Putra Sumedi.

Diananta yang merupakan ks Pemimpin Redaksi Banjarhits, saat ini mendekam di sel tahanan Polres Kotabaru, gara-gara disangkakan telah melanggar Undang-undang ITE lewat berita yang ia muat.

Donasi digagas oleh Tim Logistik Koalisi untuk Masyarakat Adat dan Kebebasan Pers yang dipimpin Ika Ningtyas, yang merupakan sahabat istri Diananta sekaligus anggota Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Jember.

“Ini dialokasikan untuk kebutuhan hidup keluarga per bulan Juni dan Juli. Diananta adalah penafkah tunggal untuk anak dan istrinya yang tinggal di Banyuwangi,” ujar Ika saat diwawancarai pada Minggu (31/5/2020).

Istri Diananta, Wahyu Widyaningsih, juga berencana bakal bertolak ke Kotabaru untuk menemani Diananta saat persidangan pada Juni nanti. Alhasil, alokasi juga akan diserahkan ke Wahyu saat berada di Kotabaru.

Ika menegaskan aksi penggalangan dana ini penting untuk merajut solidaritas bersama, khususnya kalangan jurnalis. Bukan hanya untuk meringankan beban ekonomi keluarga, tapi juga sebagai bentuk dukungan semua pihak atas kebebasan pers dan protes atas kriminialisasi yang dilakukan terhadap Diananta.

“Kerja-kerja jurnalisme itu untuk kepentingan publik. Tanpa jurnalisme yang bebas dan independen, mustahil publik mendapatkan informasi yang kredibel. Oleh karena itu, kriminalisasi terhadap jurnalis Diananta dengan sendirinya mengancam hak publik mendapatkan informasi yang benar,” ujarnya.

Untuk diketahui, penggalangan dana sendiri dibuka melalui rekening Ika Ningtyas (BNI 0863585113). Setelah ditransfer, donatur bisa mengonfirmasi melalui kontak Whatsapp 081353026387.

Comments

comments

About abraham johan

Check Also

Update 25 September 2020 : Bertambah 29 Kasus Positif Covid-19 di Balikpapan, 2 Pasien Meninggal

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Untuk pertama kalinya sejak bulan lalu atau awal Agustus, jumlah kasus yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.