Alami Kecelakaan Laut, 20 WNA dan 3 WNI Diselamatkan Tim Basarnas

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com — Laka air kembali terjadi di Teluk Balikpapan, hal ini diketahui setelah Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Balikpapan (Basarnas Kaltim) mendapat informasi dari VTS telah terjadi Laka Air Speed Boat crew Kapal F. Rejeki di perairan Teluk Balikpapan sekitar Buih Nol, sekita pukul 22.24 wita, Selasa (2/3/202).

Informasi dari Basarnas Balikpapan, sebanyak 20 orang warga negara asing (WNA)dan 3 WNI terombang ambing di lautan menggunakan pelampung.

“Mendapati informasi tersebut, Tim Basarnas pun dengan cepat meluncur ke lokasi kejadian. Dengan jarak tempuh sekitar 30 menit dari Pelabuhan Semayang, Tim SAR pun berhasil sampai di lokasi kejadian,” ujar Kasi Operaaional Basarnas Balikpapan, Octavianto bersama TNI AL, Polair.

Setibanya di lokasi kejadian Tim Sar mendapati informasi bahwa 9 orang WNA yang rata-rata ber asal dari Ukraina berhasil diselamatkan dan berada di Kapal MV Manalagiasa. Guna diberikan pertolongan medis, 9 korban ini dibawa serta menuju Pelabuhan Semayang.

“Korban yang selamat selanjutnya dibawa ke Gedung KNIP untuk dikumpulkan sebelum dilakukan pemeriksanaan oleh pihak Imigrasi Balikpapan terkait adminitrasi kewarganegaraan,” jelasnya.

Saat evakuasi kondisi cuaca hujan dengan ketinggian gelombang 2-3 meter. Mereka sudah dievakuasi dibawa KNPI setelah diinapkan di hotel Zurich Balikpapan. 

Adapun sisa korban yang 14 orang saat ini masih berada di KM MV Manalagias untuk dilakukan penjemputan oleh tim Basarnas.

Nama 9 korban yang berhasil dievakuasi dan tiba pada pukul 04.00Wita :

  1. Oleksandr Moros (L/58th)
  2. Gayduk Volodymyr (L/37th)
  3. Monastyrsky Vadym (L/55th)
  4. Kozelskyi Volodymyr (L/27th)
  5. Koroyid Mykola (L/55th)
  6. Belyavskyi Oleksiy (L/41th)
  7. Nazarinko Igor (L/57th)
  8. Iliukhin Oleg (L/43th)
  9. Anatolii grossu (L/30th)
Baca juga ini :  Kemen PPA : Forum Anak Sebagai Pelopor dan Pelapor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.