ALFI Balikpapan Dukung Diberlakukannya Direct Call Karena Banyak Hemat Biaya

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) Balikpapan mendukung rencana direct call melalui Balikpapan, yang ditargetkan akan direalisasikan tahun 2016 ini.  Penerapan direct call menjadi kabar baik untuk kepelabuhan karena dapat menghemat biaya.

Ketua ALFI Balikpapan Faisal Tola mengatakan  diterapkannya kebijakan direct call melalui pelabuhan peti kemas di Balikpapan akan memangkas biaya logistik pengusaha di Kaltim termasuk Indonesia bagian timur.
Dengan rute yang lebih jauh ke jakarta atau Surabaya akan memperdek jarak sehingga akan banyak menghemat buaya.

“Pengusaha juga tidak perlu mengeluarkan cost bongkar muat di Surabaya atau Jakarta, maupun Singapura. Pokoknya biaya relatif lebih murah,” tuturnya (8/8).

Meski mendukung akan diberlakukan direct call tersebut, Faisal mengatakan pengusaha eksportir di Kalimantan Timur juga harus memahami kebijakan tersebut. Karena diyakini belum banyak memahami rincian dari kebijakan yang dirintis PT Pelindo IV itu.

“Memang program itu masih belum familiar bagi pengusaha eksportir di Kaltim. Kita juga masih wait and see tapi nanti kalau infrastruktur sudah siap untuk melayani jalur pelayaran internasional langsung, pengusaha akan siap dan berminat,”tandasnya.

Faisal menambahkan dengan direct call pasti kuota ekspor dari Balikpapan akan terpenuhi dengan sejumlah komoditi andalannya. Dan pengusaha eksportir yang masih melakukan ekspor melalui Surabaya harusnya melihat peluang tersebut.

Comments

comments

Baca juga ini :  Apresiasi Pelanggan Loyal, Telkomsel Gelar Tukar Poin "Shop and Dine"

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.