Wilayah IKN Nusantara

Antisipasi Terjadi Pemadaman Listrik, PLN Siapkan UPS di 6 Titik

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Terkait kunjungan Presiden Joko Widodo bersama Ketua MPR dan DPR, sejumlah Menteri dan para gubernur se-Indonesia ke kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, PLN memastikan bahwa suplai listrik di Kaltim aman.

Seperti diketahui Presiden akan berkemah di kawasan IKN mulai Senin (14/04/2022) malam ini. Termasuk akan melakukan serangkaian kegiatan pada Selasa (15/04/2022) sebelum bertolak ke Jakarta.

PLN telah bergerak cepat mempersiapkan infrastruktur kelistrikan di lokasi-lokasi yang akan dikunjungi rombongan Presiden dan menerapkan SOP khusus guna memastikan suplai listrik andal tanpa kedip.

“Kami siapkan listrik yang andal melalui penyulang utama,  dan skema backup menggunakan UPS yang disebar pada 6 titik siaga kunjungan Presiden Joko Widodo”, kata Saleh Siswanto, General Manager PLN UIW Kaltimra.

Lokasi siaga seperti yang dimaksud oleh Saleh meliputi Bandara Sepinggan, Kawasan Hotel Novotel, Titik Nol IKN, Lokasi Perkemahan Presiden, SDN 04 Sepaku, dan Persemaian Mentawir.

Pada beberapa lokasi yang belum tersedia jaringan listrik, PLN telah bergerak cepat melakukan pembangunan jaringan tegangan menengah (JTM) demi keandalan suplai listrik disana.

“Di lokasi perkemahan dan Titik Nol IKN, kami telah melakukan pembangunan jaringan sepanjang 3.4 kms agar suplai listrik menjadi lebih andal”, tambah Saleh.

Untuk mengantisipasi terjadinya padam emergency akibat force majuere, Saleh mengatakan bahwa serangkaian SOP khusus telah ditetapkan dengan memaksimalkan otomatisasi jaringan (acos) melalui backup UPS untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk yang bisa terjadi.

“Kami juga siagakan tim agar apabila terjadi gangguan yang sifatnya emergency, tim dapat segera bergerak dengan tanggap untuk mengatasinya. Namun, kita sama-sama berharap kondisi kelistrikan aman dan handal selama kunjungan Presiden ini, juga untuk seterusnya”, harap Saleh

Baca juga ini :  Wapres Ma’ruf Amin : Insyaallah Tahun Depan Upacara HUT Kemerdekaan di IKN Nusantara

Diketahui bahwa lokasi siaga kunjungan Presiden disuplai oleh Sistem Kelistrikan Interkoneksi Mahakam dengan daya mampu 972 MW dan beban puncak 472 MW. Sehingga dipastikan bahwa suplai listrik aman.

Dengan kondisi kelistrikan yang surplus, Saleh mengatakan bahwa PLN sangat siap melayani pelanggan-pelanggan baru, baik rumah tangga, bisnis, maupun industri.

Begitu pula dengan pasokan listrik untuk calon ibukota baru (IKN) yang dikonsepkan akan mengusung tema “green, economic, and beautiful”. Dimana listrik untuk IKN akan menggunakan energi yang ramah lingkungan.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.