Kilang Minyak Balikpapan.

Apindo LatihTenaga Kerja untuk Pengembangan Kilang Balikpapan

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kaltim mengharapkan pengembangan Kilang Balikpapan dapat menyerapkan tenaga kerja lokal lebih besar. Karena ini kesempatan bagi sumber daya manusia (SDM) lokal untuk bersaing dengan daerah lain.

Ketua Apindo Kaltim Slamet Brotosiswoyo.
Ketua Apindo Kaltim Slamet Brotosiswoyo.

Ketua Apindo Kaltim Slamet Brotosiswoyo mengungkapkan tenaga lokal juga memiliki kualitas yang tidaj kalah dengan luar daerah dan asing. Apabila masih kurang, pihaknya siap memberikan pelatihan agar SDM lokal menjadi tenaga lokal yang handal. “Tenaga lokal kita ini juga mampu dan memiliki skill yang ga kalah jauh dengan luar. Kalaupun belum kami siap berikan pelatihan dan datangkan tenaga ahli,” terangnya, Rabu (24/2/2016).

Tidak hanya itu, Apindo juga punya kesepakatan bersama dengan Provinsi Kalimantan Timur agar asosiasi juga ikut menyelesaikan dampak pemutusan hubungan kerja (PHK) melalui peningkatan kompetensi dan sertifikasi pekerja.

“Memang secara fisik kami tidak punya tempat pelatihan dan instruktur, namun bisa berkoordinasi dengan pihak terkait seperti mendatangkan tenaga ahli. Karena kami punya komitmen dalam hal penyerapan tenaga kerja,” ujarnya saat ditemui dikantornya dikawasan Balikpapan Baru.

Dari catatan Apindo jumlah tenaga kerja yang di PHK sejak bulan Februari 2015 hingga kini mencapai 16 ribu. Sehingga pihaknya mengharapkan tenaga kerja lokal bisa terserap pada lapangan kerja baru seperti pengembangan kilang Balikpapan yang dilaksanakan oleh Pertamina Refinery Unit (RU) V.

Comments

comments

Baca juga ini :  Kilang Balikpapan Produksi Gasoil 45,7 juta Barrel dan Gasoline 10,4 Juta Barel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.