Berdayakan Masyarakat, SKK Migas Kalsul – Mubadala Energy Hadirkan Kampung Taga

KOTA BARU, Inibalikpapan.com – Mubadala Energy hadir ditengah keluarga melalui Kampung Tanaman Keluarga (Raga) di Desa Hilir muara Kabupaten Kotabaru, Kalsel.

Kegiatan ini bentuk dari ehadiran kegiatan hulu migas diharapkan selalu memberikan kontribusi bermanfaat bagi masyarakat di daerah operasional migas.

Di Kampung Taga ini, masyarakat sekitar memanfaatkan pekarangan rumahnya untuk menanam tanaman yang bermanfaat untuk kebutuhan pangannya. Tanaman yang ditanam secara hidroponik diantaranya Lombok, Pare, Selada dan lainnya. Sehingga tanaman tersebut saat dipanen dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan keluarga ataupun dijual untuk tambahan pendapatan masyarakat.

Dalam peresmian Kampung Taga Nampak hadir Camat Pulau Laut Sigam, Pia Laksmi, Kades Desa Hilir Muara, Babinsa Desa Hilir Muara, Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi Perwakilan Kalimantan dan Sulawesi (SKK Migas Kalsul ) dan KKKS Mubadala Energy serta warga Kampung Taga, (30/11/2022).

Progam ini sangat mendapat apresiasi dari banyak pihak. Selain SKK Migas Kalsul beberapa stakeholder di daerah juga memberikan dukungan yang sama.

Spesialis Dukungan Bisnis SKK Migas Faizal Abdi mengatakan peresmian Kampung Tanaman Keluarga (Taga) dimaksudkan sebagai bagian dari eksistensi program Pemberdayaan Masyarakat (PPM) dan mitra Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) binaan Mubadala Energy yang berada di Desa Hilir Muara.

“Semoga program yang telah dilaksanakan oleh KKKS Mubadala dapat tetap dijaga dengan baik, dapat berkembang dan memberikan manfaat optimal bagi masyarakat Kampung Taga” ujar Faizal.

Melalui program ini Masyarakat Kampung Taga diberi pembinaan untuk menumbuhkan kemandirian terutama Ibu-Ibu (IRT) agar dapat menanam, memproduksi dan menjual produk dari hasil tanaman serta kreatifitas olahan sampah yang bermula dari rumah masing-masing untuk menjadi souvenir.

Baca juga ini :  Dua Guru Terpapar Covid-19, Rencana Simulasi Belajar Tatap Muka Tetap Digelar

Selain itu, masyarakat juga dibina dalam suatu kelompok bernama POKDARLIS (Kelompok Sadar Lingkungan Asri) untuk menjaga kelestarian wilayah Kampung Taga. Saat ini sedang dibangun green house sebagai tempat pembibitan untuk mendukung pengembangan program Taga dalam skala lebih besar.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.