Webiner UMKM Digital Academy (UDA) yang mengangkat tema optimalisasi penggunaan QRIS sebagai media transaksi UMKM pada Sabtu (03/04 kemarin

BI Balikpapan Gencar Sosialisasi Penggunaan QRIS Sebagai Media Transaksi UMKM

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Quick Response Code Indonesia Standard  (QRIS) merupakan standardisasi pembayaran menggunakan QR Code yang diinisiasi oleh Bank Indonesia bekerja sama dengan industri sistem pembayaran untuk mewujudkan transasksi yang cepat, mudah, murah aman dan handal.

Demikian disampaikan Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Balikpapan, Sri Darmadi Sudibyo dalam Webiner UMKM Digital Academy (UDA) yang mengangkat tema optimalisasi penggunaan QRIS sebagai media transaksi UMKM pada Sabtu (03/04 kemarin.

Sudibyo mengatakan, transaksi menggunakan QRIS dapat dilakukan baik dengan tatap muka maupun tanpa tatap muka.

Selain itu, QRIS dapat bersifat statis dimana QR Code ditampilkan dalam sticker atau print out,  juga dapat bersifat dinamis dimana QR Code dibuat secara real time  sehingga QR Code berbeda di setiap transaksi.

Menurutnya, penggunaan QRIS memiliki berbagai manfaat bagi UMKM, antara lain menghindari adanya uang palsu dalam transaksi, serta membantu pencegahan penyebaran Covid karena transaksi dapat dilakukan tanpa kontak fisik.

Selain itu, dengan menggunakan QRIS seluruh transaksi pembayaran tercatat sehingga memudahkan lembaga keuangan untuk memberikan akses pembiayaan untuk pengembangan usaha UMKM ke depannya.

Kata dia, Bank Indonesia selalu berupaya untuk mendukung peningkatan kapasitas UMKM melalui pelatihan, pendampingan dan pemberian bantuan teknis. Dengan UMKM yang berdaya saing tinggi, diharapkan akan berdampak pada perekonomian Indonesia yang semakin maju.

Dalam kegiatan tersebut, juga menghadirkan Windras Indana Sasmita dari BPD Kaltimtara, Rudi Hartono dari BCA KCU Balikpapan, Aryo Agung Benardi LinkAja Kaltimtara, Andi Taufikurrahman dari OVO Kaltim dan Mikael Onny Setiawan  dari Gojek Wilayah Timur Indonesia.

Baca juga ini :  Seruan Bersama Tentang Bijak Belanja Selama Ramadhan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.