Kapal-kapal nelayan berjejer rapi di Pantai Manggar / ilustrasi

Festival Sandeq, Festival Perahu Layar yang Dukung IKN

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Berbagai kegiatan menuju Puncak Hari Olahraga Nasional (HAORNAS) pada 9 September 2022 akan digelar di Kota Balikpapan.

Pemerintah Pusat menunjuk Kota Balikpapan sebagai tuan rumah pada acara Puncak HAORNAS tahun ini yang mengangkat tema Indonesia Mendukung IKN (Ibu Kota Nusantara)

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kota Balikpapan Cokorda Ratih Kusuma mengatakan, salah satu yang akan d gelar yakni Festival Sandeq atau festival perahu layar.

Dimana dala, Festival Sandeq itu akan diikuti seluruh Gubernur se-Indonesia yang akan berlayar dari Sulawesi Barat (Sulbar) menuju ke Kaltim yakni Pantai Manggar Balikpapan.

“Pada 7-9 September 2022 yaitu ada kegiatan festival Sandek dimana Gubernur seluruh Indonesia akan berkumpul tepatnya di Silopo Sulawesi Barat,” ujar Ratih pada Minggu (28/08/2022)

“Kemudian berlayar selama 10 hari  tiba di Pantai Manggar Balikpapan dan akan dilaksanakna pelepasan dimana Indonesia mendukung IKN (Ibu Kota Nusantara),”

Sehingga kata dia, menjadi kebanggaan bahwa seluruh mata akan tertuju ke Pantai Manggar yang merupakan obyek wisata pantai paling populer dan ramai dikunjungi di Kaltim.

“Jadi satu kebanggaan destinasi pantai Manggar menjadi obyek dimana mereka akan berlabuh di pantai Manggar,” ujarnya

Festival Sandeq  merupakan festival perahu layar tahunan yang digelar Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) . Tahun ini kembali di gelar  tahun ini. Bertajuk Festival Sandeq 2022 dengan mengangkat tema “Indonesia Mendukung IKN.” 

Festival Sandeq akan berlayar dari Tanjung Silopo, Sulbar menuju Pantai Balikpapan. Sandeq adalah perahu bercadik warisan astronesia yang sampai kini banyak digunakan oleh masyarakat Mandar, Sulbar.

Warga setempat menyebutnya Sande yang berarti tajam atau runcing. Sandeq merupakan salah satu perahu layar tercepat di dunia. Mampu melaju dengan kecepatan 20-30 knot atau setara dengan 50 kilometer (km) per jam.

Baca juga ini :  Pemerintah Targetkan Program Vaksinasi Covid-19 Selama 12 Bulan

Pada masa lampau, perahu Sandeq digunakan untuk berdagang sampai ke Selat Malaka, Laut Sukuh, Papua, Jawa, serta menangkap ikan di laut lepas. 

Festival Sandeq 2022 akan diikuti sebanyak 35 perahu Sandeq. Terdiri atas 28 perahu Sandeq jenis lomba dan 7 jenis sandeq klasik (dioloq). Setiap Sandeq terdiri atas 8 awak (sawi). Total sawi atau awak Sandeq sebanyak 252 orang. 

Pelayaran akan dimulai pada 31 Agustus dari Tanjung Silopo, Sulbar. Dan berakhir di Balikpapan dengan estimasi waktu 9 hari perjalanan.

Rute pelayaran dimulai dari Tanjung Silopo – Majene – Palipi – Deking – Mamuju – Pulau Ambo – Pulau Salissingan – Pantai Manggar dan finish di Balikpapan Super Block (BSB). Dengan jarak tempuh sepanjang 552 km atau 321 mil.  (diskominfo)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.