Gandeng PMI, Pemkot Kumpulkan Bantuan Korban Gempa Sulbar

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com — Terkait maraknya kegiatan meminta sumbangan yang dilakukan organisasi ke masyarakatan yang ada di Balikpapan di simpangan jalan maupun di trafick light guna membantu warga di Sulawesi Barat yang tertimpa musibah gempa bumi beberapa hari lalu, mendapar perhatian serius dari Pemerintah Kota Balikpapan.

Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi mengaku melihat sendiri di simpangan jalan banyak yang minta sumbangan, hal ini sudah dibahas oleh pemerintah kota dan akan segera mengambil langkah terkait maraknya minta sumbangan.

“Kami sudah koordinasi dengan PMI Balikpapan, jadi nanti pelaksanaan pengumpulan bantuan untuk korban gempa di Sulbar akan dikoordinir oleh PMI,” ujar Rizal Effendi kepada awak media, Senin (18/01/2021).

Rizal menambahkan, bagi mereka yang ikut bergabung membantu korbam gempa di Sulbar, maka bisa disalurkan PMI.

“Jadi tidak diperkenankan dipersimpangan jalan ada minta sumbangan karena rawan. Nanti PMI yang mengatur bagaimana strateginya,” aku Rizal.

Saat ditanya langkah pemkot terkait adanya kegiatan minta sumbangan di pinggir jalan, Rizal mengaku akan berkoordinasi dengan Satpol PP untuk menindaklanjuti, pasalnya jika ada yang koordinir jelas nanti untuk pertanggungjawabannya.

“Untuk posko utamanya rencananya akan didirikan di PMI,” akunya.

Pemerintah kota Balikpapan sebenarnya sudah berulang kali ikut peduli terhadap daerah yang tertimpa musibah dengan menyalurkan bantuan, misalnya saat gempa dan Aceh dan Padang, pemkot Balikpapan membantu membangunkan gedung sekolah. Begitupun saat gempa di Palu juga ikut membantu dengan menyalurkan bantuan senilai Rp 1 miliar yang diambil dari APBD Kota.

“Untuk di Sulbar saat ini masih dikaji sama Sekda, anggarannya bisa dari APBD atau diambilkan dari Dana tidak terduga,” tutup Walikota Balikpapan dua periode ini.

Comments

comments

About andi aa

Check Also

Update 7 Maret 2021 : Tembus 58.039 Kasus Positif Covid-19 di Kaltim, 1.363 Kasus Kematian

SAMARINDA, Inibalikpapan.com – Kasus positif covid-19 di Kaltim kini tembus 58.039 orang sejak awal pandemi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.