GMC Kaltim Berdayakan Masyarakat Bontang Melalui Pelatihan Menjahit

BONTANG, Inibalikpapan.com – Upaya  Sukarelawan Ganjar Milenial Center (GMC) untuk memberikan pemberdayaan kepada masyarakat terus dilakukan. Kali ini, giliran ibu-ibu di jalan Aip II KS Tubun Kota Bontang mengikuti pelatihan menjahit, Sabtu (25/11/2023).

Pelatihan menjahit diharapkan menjadi modal bagi ibu-ibu untuk memiliki kemampuan yang nantinya dapat membantu ekonomi keluarga.

Sekretaris Wilayah (Sekwil) GMC Kalimantan Timur, Ibrahim Adianto mengatakan, kegiatan ini terinspirasi dari sosok Ganjar Pranowo yang suka ke lapangan dan menebarkan kebaikan bagi masyarakat.

“Sesuai dengan visi Bapak Ganjar, di mana beliau selalu blusukan ke daerah kecil, kami terinspirasi dari itu (Pak Ganjar),” kata Ibrahim di sela kegiatan pelatihan menjahit, Sabtu (25/11/2023).

Ibrahim menilai saat Ganjar  menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah dua periode,  pemimpinan ini mempunyai kepedulian kepada usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Karena itulah, pada kesempatan kali ini GMC Kaltim berusaha menerapkan hal serupa untuk mengadakan pelatihan menjahit. Dengan harapan, usai mengikuti pelatihan para peserta kemudian mempunyai keterampilan dan menghasilkan sebuah produk untuk dijual belikan.

“Kami mengambil dari masyarakat yang belum punya UMKM dan kami ciptakan UMKM, sekiranya bisa menciptakan lapangan pekerja untuk kalangan ibu-ibu,” tegas Ibrahim.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh GMC Kaltim mendapatkan respons antusias dari para peserta. Terbukti, mereka berbondong-bondong mendaftar pelatihan menjahit.

“Kalo kegiatan respons dari ibu-ibu itu antusiasme cukup tinggi dengan hadir lebih awal. Itu bentuk antusiasme. semangat setelah adanya pelatihan ini mereka akan mengambil uji sertifikasi, artinya selangkah lagi mereka bisa mendapatkan pekerjaan baru,” terangnya.

Dalam pelatihan menjahit itu, para peserta diajarkan untuk menjahit pola pakaian, mengemas busana dengan baik dan benar sesuai dengan standard operasional prosedur (SOP).

Baca juga ini :  Update Tanggal 15 Januari 2022 : Kasus Aktif Covid-19 di Kaltim Bertambah 9 Orang

Di sela kegiatan, GMC turut menyosialisasikan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 3 yakni Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.

“Mereka sangat suka dengan sosok Pak Ganjar yang merakyat dan sering berkunjung ke rakyat-rakyat kecil. Mereka juga mengenal sosok Pak Mahfud orang yang intelektual dan cerdas,” pungkas Ibrahim.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.