Pengrajin tahu dan tempe dikawasan Somber Balikpapan (foto : centrum)

Hadapi MEA, Pemkot Balikpapan Beri Pelatihan Bagi UMKM

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean, Pemerintah kota Balikpapan terus melakukan pembekalan dan pelatihan bagi sejumlah pelaku usaha menengah, kecil dan mikro (UMKM).

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Balikpapan Doortje Marpaung mengatakan untuk melakukan pelatihan dan pembekalan dilakukan secara bertahap karena anggaran yang disediakan juga terbatas. Apalagi jumlah UMKM yang terdata sebanyak 16.785.

“Jumlah ini dinamis, setiap tahunnya ada pengurangan dan ada penambahan. Sejak tahun lalu dan tahun sebelumnya kami sudah memberikan pembinaan dan pelatihan, tapi kami akui memang belum optimal karena belum bisa menjangkau semuanya,” katanya, Rabu (20/1/2016).

Dijelaskan Doortje, materi pembinaan dan pelatihan diantaranya pengemasan, peraturan mengenai UMKM, dan tentang produksi mereka sendiri, serta tentang pelaporan keuangan usaha.

Peserta yang mengikuti kegiatan pembekalan MEA tidak berjumlah sangat banyak atau sekitar 50 peserta saja. Doortje berpendapat lebih baik memberikan pembekalan kepada peserta dengan jumlah terbatas, asalkan tepat sasaran.

“Peserta yang ikut pelatihan atau pembekalan tidak banyak. Meski hanya 50 hingga 100 peserta namun tepat sasaran,” imbuhnya.

Pembekalan untuk pengusaha UMKM sepanjang tahun ini dalam menghadapi MEA akan terus diberlakukan. Doortje  menambahkan memberikan prioritas kepada pekerja yang terkena pemutusan hubungan kerja yang ingin menjadi wirausahawan.

Rahmadaty

Comments

comments

Baca juga ini :  Rawan Kecelakaan, Perbaikan Jalan Rusak Bukit Cinta Dibantu Wali Kota Secara Pribadi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.