Ruang Area Traffic Control System (ATCS) Balikpapan /Andi

Hanya Tiga CCTV di Balikpapan yang Berfungsi

BALIKPAPAN, Inibalikpapan – Sejak awal Desember 2015 lalu dari 11 CCTV, sebanyak 13 CCTV tidak berfungsi karena ada kerusakan di kabel jaringan disimpang tiga Patung Beruang Madu Jalan Jenderal Sudirman-MT Haryono.

“Disitu kan pusat jaringan dari kabel fiber optik (FO) untuk CCTV kita. Sepertinya  ada kerusakan saat perbaikan dan pelebaran drainase. Kita sudah kordinasi ini segera dilakukan perbaikan,”kata Kepala Dinas Perhubungan Balikpapan Sudirman Djayaleksana

Saat ini CCTV yang rusak tersebut, dalam perbaikkan  dan diharapkan awal Febriari 2016 sudah berfungsi kembali. Sedangkan tiga CCTV yang berfungsi itu yakni disimpang empat Dome, Balikpapan Baru dan simpang tiga  Bukit Damai Sentosa  Jalan MT Haryono.

“Akibat kerusakan ini,dishub tidak dapat memantau situasi arus lalu lintas di 13  seperti dekat patung Beruang Madu, simpang Balikpapan Plaza, Markoni,  Le Granduer,  Gunung Pasir, Gunung Malang, Imigrasi, Karang Anyar, Tugu KB Sepinggan dekat bandara dan Puskib,” terangnya.

Tahun ini kata Sudirman, akan dipasang 10 CCTV di Balikpapan Utara yakni disimpang KM 5, Batu Ampar dan Pasar Buton, semuanya menggunakan dana APBD Balikpapan 2016 sekitar Rp 3,5 miliar.

“Untuk tiga titik itu, sisanya kita ajukan ke pusat,” bebernya.

Sementara tujuh lokasi yang direncanakan akan dipasang CCTV diantaranya yakni simpang Karang Anyar, Kebun Sayur, kawasan 21 Januari, Perumnas, Jalan Iswayudi jalur masuk Bandara, kantor besar Pertamina.

CCTV akan beroperasi selama 24 jam dan dijaga hingga pukul 22.00 Wita. CCTV ini mampu merekam dan memantau hingga jangkauan 500-1000 meter.

“Ada ruang server kita yang merekam situasi di simpang jala. Kedepan ATCS ini akan jadi ruang call center 911 atau panggilan darurat,” tambah, Fajar Kordinator Area Traffic Control System (ATCS).

Baca juga ini :  Pemkot Balikpapan Terbitkan Surat Edaran Pedoman Pelayanan Ibu Hamil

Penulis : Andi

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.