Kolase Ganjar, Prabowo dan Anies (IG)/suara.com

Hasil Survei LSI di Lampung, Ganjar dan Prabowo Beda Tipis, Anies Tertinggal Jauh

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Bakal calon presiden (capres) Prabowo Subianto unggul tipis atas Ganjar Prabowo  berdasarkan rilis Lembaga Survei Indonesia (LSI) terkait elektabilitas Pemilu Presiden (Pilpres) 2024 di Provinsi Lampung. Sementara Anies Baswedan justru tertinggal jauh.

Pada Pilpres 2019 lalu di Provinsi Lampung, pasangan Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin unggul 59,32% atau 2,8 juta suara dari pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dengan 40,68% atau 1,9 juta suara.

Survei pertama, dalam simulasi top of mind pertanyaan spontan, elektabilitas Ganjar di angka 30,6 persen, Prabowo di angka 30,4 persen, sedangkan Anies 10,3 persen. Sementara untuk nama lain lebih rendah kurang dari 5 persen.

Kemudian pada simulasi 10 nama tertutup, Ganjar dan Prabowo elektabilitasnya cenderung ada di angka yang sama. Ganjar 36,4 persen, Prabowo memperoleh dukungan sebanyak 36 persen, sedangkan Anies 12,3 persen. Adapun nama lain masih rendah yakni di bawah 5 persen.

Lalu pada simulasi 4 nama, Prabowo, Ganjar, Anies, dan Puan Maharani, maka masing-masing mendapat dukungan 38,9 persen Prabowo, 38,8 Prabowo, 14,8 persen Anies, dan 0,3 persen untuk Puan.

Keadaan yang sama ditemukan bila pilpres diikuti tiga calon, dengan dukungan sebanyak 39,7 persen Ganjar dan 38,3 persen Prabowo, sedangkan Anies di angka 14,9 persen.

“Keduanya (Prabowo-Ganjar) juga sama kuat dalam simulasi pilpres empat dan tiga nama,” kata Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan dalam keterangan resminya, Senin (6/8/2023).

Ia menyampaikan, jika selisih antara Ganjar dan Prabowo sangat tipis diberbagai simulasi survei. “Selisih elektabilitas Prabowo dan Ganjar sangat tipis atau sama kuat sejak dari simulasi top of mind, banyak nama, hingga tiga nama,” pungkasnya.

Untuk diketahui, periode survei dilakukan pada 19-26 Juni 2023. Survei yang dilaksanakan mengambil sampel sebanyak 810 responden di dapil DPR RI Lampung I dan sebanyak 810 responden di dapil DPR RI Lampung II.

Baca juga ini :  Anies Baswedan Usung Slogan “Maju Negaranya Bahagia Rakyatnya”

Sampel survei terdistribusi secara proporsional di seluruh wilayah dan representatif dari berbagai aspek demografi seperti gender, usia, agama, pendidikan, dan seterusnya.

Sample gabungan dari kedua dapil sebanyak 1620 responden, dan diperkirakan margin of error plus (MoE) minus 2,5%. Karena selisih antara Prabowo dan Ganjar kurang dari margint of error, maka keduanya sama kuat.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.