Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming naik mobil Maung menjelang mendaftarkan diri sebagai peserta Pilpres 2024 ke kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Rabu (25/10/2023). (Suara.com/Novian)

Hasil Survei Populi Center Terbaru, Prabowo – Gibran Berpotensi Menang Satu Putaran

JAKARTA, Inibalikpapan.com – Sepekan jelang pencoblosan 14 Februari 2024, Lembaga Populi Center merilis hasil survey elektabilitas pasangan capres – cawapres.

Hasilnya, pasangan capres – cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka diperkirakan bakal menang dalam satu putaran.

Pasalnya, dari hasil survei yang dilakukan Lembaga Populi Center, Prabowo – Gibran meraih elektabilitas sebesar 52,5 persen.

Sementara capres cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar berada diposisi kedua dengan meraih elektabilitas sebesar 22,1 persen.

Sedangkan Capres-cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo – Mahfud Md berada di posisi terakhir dengan  meraih elektabilitas sebesar 16,9 persen.

Peneliti dari Lembaga Populi Center, Dimas Ramadhan menuturkan, ada pengurangan jumlah dukungan dari pemilih PDIP untuk Ganjar-Mahfud.

“Berdasarkan dukungan partai, pemilih PDIP yang mendukung Ganjar-Mahfud terlihat berkurang lebih dari 10 persen,” ujarnya dilansir dari suara.com jaringan inibalikpapan.

“Pada Januari, dukungan kepada pasangan ini ialah sebesar 64,5 persen, namun kini menjadi 54 persen,” tuturnya.

Dalam survei tersebut, ada 6,3 persen responden yang belum memutuskan pilihannya. Sebanyak 2,2 persen lainnya menolak menjawab.

Prabowo juga menjadi pemenang sebagai capres dengan elektabilitas tertinggi. Terlihat pada hasil survei top of mind capres, Prabowo dipilih oleh 50,9 persen. Anies 20,5 persen dan Ganjar 15,7 persen.

Serupa dengan Prabowo, Gibran juga menduduki peringkat pertama dengan perolehan 47,8 persen. Posisi kedua ada cawapres nomor urut 3, Mahfud dengan perolehan elektabilitas sebesar 18,4 persen.

Sementara di posisi ketiga, ada cawapres nomor urut 1, Muhaimin yang dipilih oleh 17,1 persen.

Survei dilakukan pada 27 Januari hingga 3 Februari 2024. Sebanyak 1.500 responden yang tersebar di 38 provinsi dilibatkan pada pengambilan survei kali ini.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.