Jaringan Gas Rumah Tangga

Kementerian ESDM Bangun Jargas di Samarinda dan Bontang

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Pemerintah Pusat kembali membangun haringan gas (jargas) di Kaltim. Setelah sebelumnya Kota Balikpapan, tahun ini giliran Kota Samarinda akan mendapat 4.500 sambungan baru dan Kota Bontang 10 ribu sambungan baru.

“Di kota bongtang kita perjuangkan 10 ribu sambungan tadi ibu walikota tadi kalau bisa minta 13 ribu SR. Kalau bisa kita usahakan. Kemudian di Samarinda 45oo sambungan,” ujar Dirjen ESDM IGN Wiraatmaja

“Untuk tahun depan tadi kita diskusikan untuk Kutai Kartanegara, Penajam juga Balikpapan ditambahkan lagi sampai mengejar seluruh kota. Juga bontang tahun depan diusulkan lagi,”

Bahkan kata dia, Pemerintah Pusat juga memastikan akan membangunan jaringan pipanisasi gas secara integral yang menghubungkan satu kota ke kota kabupaten lainya di Kaltim. Waktunya hingga 10 tahun kedepan.

“Tidak hanya jargas tapi juga untuk industri dan pembangkit. Artinya kalau satu lapangan habis bisa disuplai dari lapangan lain. Di kaltim lihat cadangan mungkin sampai mas jenggot keriputpun belum habis. 60 tahun masih ada,”

”Tahun ini akan mulai dibangun di jalur Tanjung Batu di kabupaten Kukar 50 kilometer. Ini Pertamina yang bangun ditugaskan oleh menteri sudah ada suratnya. Nilai projek nggak hafal saya,”

“Disini juga sudah punya tollroad?pipa utama dari daerah Peciko handil hingga utara. Nah yang selatan ini perlu kita bangun sehingga industri Samarinda, di Balikpapan juga Penajam tersambung semua hingga rumah tangga, kendaraan pakai gas. Disini kayakakan gas maka harus banyak digunakan karena bersih dan harga jauh dari BBM.”

Comments

comments

About glen

Check Also

Jangan Tertipu Pinjol Abal-abal, Begini Cara Mengetahui Pinjaman Online Terpercaya

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com — Setiap orang pasti pernah mengalami masalah keuangan. Salah satu solusi untuk mengatasi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.