Plt Dirut PTMB Agus Budi Prasetyo

Kerap Bocor, Anggarkan Rp 60 Miliar Pergantian Pipa Transmisi PDAM

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Kota Balikpapan masih jauh bila dikatakan Kota Layak Huni, hal ini terlihat dari masih ditemukan warga Balikpapan kesulitan mendapatkan air bersih, apalagi jika pipa PDAM mengalami kebocoran.

Plt Dirut Perumda Tirta Manuntung Balikpapan (PTMB) PDAM, Agus Budi Prasetyo mengatakan, penyebab air bersih tidak mengalir beberapa waktu lalu pihaknya memang melakukan perbaikan pipa transmisi yang dari arah Km 12 ke IPA Km 8 dan dari Km 12 ke IPA Damai yang mengalami kebocoran.

“Untuk yang Km 12 ke IPA Km 8 sudah selesai dikerjakan dan saat ini masih dalam tahap proses penyaluran air ke rumah-rumah warga,” ujar Agus Budi Prasetyo kepada media, Rabu (11/1/2023).

Sedangkan untuk yang Km 12 ke IPA Damai saat ini sudah dilakukan proses perbaikan kebocoran minimal 1×24 jam prosesnya.

“Di IPA Damai ini kami temukan tiga titik kebocaran, tapi kami upayakan selama 1×24 jam sudah selesai dikerjakan perbaikannya,” akunya.

Perlu dipahami juga pipa-pipa milik PDAM ini berusia tua sejak tahun 80 an dan mesti dilakukan pergantian, karena selama ini sudah banyak mengalami kebocoran.

“Mulai tahun ini kita lakukan pergantian pipa transmisi baik dari Km 12 ke IPA Km 8 dan dari Km 12 ke IPA Damai,” akunya.

Anggaran yang dibutuhkan total sekitar Rp 60 miliar, tapi saat ini pihaknya fokus pada pengerjaan pipa transmisi dari Km 12 ke IPA Km 8 dulu.

“Panjangnya itu sekitar 4 Km akan kita upayakan tahun ini dikerjakan, yang saat ini diameternya 600 milimeter kita naikkan jadi 800 mililiter,” pungkasnya.

Comments

comments

Baca juga ini :  Warga Balikpapan yang Positif Corona Baru Mengikuti Kegiatan Keagamaan di Bogor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.