Lahan pertanian yang digarap eks warga Gafatar.(foto: andi)

Kostratani Perkuat Fungsi Peran BPP Kecamatan di Kaltim

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Gerakan Komando Strategis Pembangunan Pertanian (Kostratani) melakukan penguatan fungsi, tugas dan peran Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) di kecamatan di seluruh Indonesia, termasuk Kaltim.

Kepala Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura (DPTPH) Kaltim Siti Farisyah Yana mengatakan, melalui Kostratani akan dapat dipantau secara langsung aktifitas kegiatan pertanian di daerah.

“Gerakan Konstratani, maka peran BPP semakin dirasakan manfaatnya oleh petani,” ujar Siti Farisyah,

Menurut Yana, Kostratani mampu mendorong sekaligus memberdayakan BPP, penyuluh dan petani dalam meningkatkan produksi dan produktivitas agar ketersediaan pangan bisa terjamin.

Yana meyakini para penyuluh pertanian mampu menggerakkan segala potensi dan sumber daya menuju pembangunan pertanian Kaltim lebih baik.

“Kaltim dipercaya sebagai ibu kota negara baru republik ini, maka tidak ada kata lain bahwa seluruh pelaku bidang pertanian harus bergerak bersama-sama mewujudkan kemandirian dan ketahanan pertanian kita, terutama ketersediaan pangan,” ujarnya

Sementara Kepala UPTD BPPSDMP Nursidah menyampaikan sesuai rumusan yang dihasilkan dalam kegiatan Rapat Koordinasi, BPP merupakan simpul pembagunan di kecamatan untuk mewujudkan ketahanan pangan.

“Peran serta kabupaten dan kota dengan provinsi harus sinergis. Dan, kawasan pembangunan komoditas unggulan memenuhi kawasan skala efektifitas,” ujarnya. (Humas Pemprov Kaltim)

Baca juga ini :  Pertamina Bangun Yayasan Sentral Kampung Inggris di Penajam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.