Home / iniFLASH / KPU Balikpapan Lantik 30 Anggota PPK
Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Toha saat melantik anggota PPK

KPU Balikpapan Lantik 30 Anggota PPK

BALIKPAPAN, Inibalikpapan- KPU Kota Balikpapan melantik dan mengambil sumpah 30 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Sabtu (29/02). Mereka akan bertugas selama 9 bulan pada pelaksanaan tahapan pilkada Balikpapan tahun ini.

Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Toha mengatakan, anggota PPK yang telah dilantik tersebut, sebelumnya telah lulus tes tertulis dan wawancara. Termasuk mendengar tanggapan masyarakat, terkait kredible anggota PPK yang telah lulus itu.

“Dan hari ini kita putuskan sudah final, dan akhirnya kita lantik. Pelantikan ini diikuti seluruh PPK yang sudah lolos tes wawancara dan tertulis kemarin, sebanyak 5 anggota di 6 kecamatan, jumlahnya  30 anggota PPK,” ujar Noor Toha.

Setelah pelantikan, dalam tiga hari kedepan anggota PPK kemudian membentuk Sekretariat di masing-masing kecamatan. Dimana dimasing-masing Sekretariat ini, nantinya ada pegawai fungsional yakni Sekretaris, Bendahara dan Bagian Tekhnis.

“Sekretaris itu dari mana, dia adalah dari unsur pegawai dilingkung pemerintah di kecamatan dimana mereka bertugas,” katanya.

Sementara untuk sekretariat,  wajib difasilitasi Pemerintah Kota Balikpapan, termasuk pegawai sekretariat. “Sekretariat itu bagian dari fasilitas pemerintah. Jadi pemerintah diwajibkan memfasilitasi skertariat KPU,  PPK,” ujarnya

“Jadi kalau dalam hal dari pemerintah kota ternyata kecamatannya sempit, mau disewakan dimana itu domain dari wilayah pemerintah kota kartena ini fasiltas pemerintah kota,”tandasnya.

Seharusnya kata dia, setelah pembentukkan Sekretariat, anggota PPK akan langsung bertugas melakukan verifikasi faktual bakal calon yang maju melalui jalur perseorangan. “Kalau misalnya calon persoarangan kemarin masuk ,” ujarnya.

Selanjutnya kata dia, PPK kemudian dilibatkan untuk perekrutan Panitia Pemungutan Suara (PPS). “Jadi rekrutmen PPS yang biasanya langsung di handle KPU, untuk kali ini rektutmen PPS itu melibatkan PPK untuk mewawancarai,” ungkapnya.

“Supaya mereka PPS yang direkrut itu ada rasa kepatuhan dan keseganan terhadap PPK yang sudah kita lantik hari ini,” katanya.

Sementara untuk pemilihan Ketua PPK, nantinya tergantung hasil rapat yang dilakukan 5 anggota PPK. “Ketua PPK nanti dipilih oleh mereka sendiri, kan kolektif kolegial di KPU ini dalam rangka mengambil keputusan ,” tutupnya.

Comments

comments

About glen

Check Also

Telkomsel Hadirkan Paket Khusus Kuota Data 25GB Bagi Tenaga Medis

JAKARTA, Inibalikpapan.com – Telkomsel menghadirkan paket data khusus untuk para tenaga medis di seluruh Indonesia …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.