KPPU V Balikpapan mengunjungi Rumah Produksi Bersama (RBP) Jahe di Desa Jonggon Jaya, Kecamatan Loa Kulu, Kutai Kertanegara

Kunjungi Rumah Produksi Jahe Loa Kulu Kukar, KPPU Balikpapan Dorong Kemitraan Sehat

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU Kantor Wilayah (Kanwil) V Balikpapan mengunjungi Rumah Produksi Bersama (RBP) Jahe di Desa Jonggon Jaya, Kecamatan Loa Kulu, Kutai Kertanegara (Kukar)

RPB ini merupakan salah satu Major Project Sentra UMKM yang diinisiasi oleh Kementrian Koperasi dan UKM, dibangun untuk memberdayakan petani jahe Desa Jonggon Jaya dan sekitarnya.

Dalam kunjungan itu, Kanwil V KPPU Balikpapan menemukan fakta bahwa meskipun mesin telah terpasang semua namun RPB ini belum dapat beroperasi, karena terkendala masalah administrasi.

Kepala Kantor Wilayah V KPPU Balikpapan, FY Andriyanto mendorong agar permasalahan administrasi dapat segera diatasi sehingga keberadaan RPB ini dapat segera dinikmati oleh masyarakat.

“Kami akan melakukan pengawasan dan koordinasi dengan pemda untuk memastikan bahwa pelaksanaan kemitraan antara petani dengan usaha besar dilaksanakan sesuai prinsip kemitraan yang saling memperkuat dan menguntungkan” kata Andriyanto dalam siaran persnya

Dukungan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar dinilai sudah sangat bagus. Hal itu terlihat dari kondisi infrastruktur yang memadai dan pendampingan dari Dinas Koperasi dan UKM Kukar dalam pembentukan Koperasi petani.

Saat ini kelompok petani telah membentuk Koperasi Anugerah Jonggon Lestari sebagai wadah petani mengelola RPB. Selanjutnya Koperasi ini yang akan membeli jahe hasil produksi petani dan menjual hasil olahan jahe yang dihasilkan oleh RPB.

Comments

comments

Baca juga ini :  Panglima TNI Tinjau Latihan Bersama US Army di Amborawang Kukar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.