Libatkan 14 SMP, Tampilkan Tarian “Sinergy Of Balikpapan Di HUT Kota

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com – Tarian massal memeriahkan HUT ke-127 Kota Balikpapan yang digelar di Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC) Dome, Sabtu (10/2/2024).

Tercatat ada sebanyak 1.127 penari yang terlibat dalam tarian massal tersebut.P ersembahan tari bertajuk “Sinergy of Balikpapan” itu merupakan inisiasi Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan melalui binaan Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Balikpapan

Para penari gabungan itu terdiri dari pelajar yang berasal dari 14 SMP di Kota Balikpapan yaitu SMP 1, 2, 3, 5, 6, 7, 8, 10, 11, 12, 14, 18, 22 dan 23. 

Selain itu, ada juga paguyuban serta sanggar seni tari yang ada di Kota Balikpapan. 

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Balikpapan bersinergi bersama menampilkan tarian Sinergi of Balikpapan, pada upacara peringatan HUT ke-127 Tahun 2024.

Tarian ini sesuai dengan tema HUT Kota Tahun 2024 yakni Balikpapan Kondusif, Sinergi dan Berkelanjutan. 

Kepala Disdikbud Kota Balikpapan, Irfan Taufik mengatakan tema yang diangkat lebih kepada sinergi. “Kami mensinergikan 14 Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri dengan kuota 1.127 pelajar,” ucapnya kepada media, usai upacara peringatan HUT ke-127 Kota Balikpapan Tahun 2024, di Balikpapan Sport Convention Center (BSCC) Dome, Sabtu (10/2/2024).

Irfan menjelaskan angka 1.127 itu diambil sebagai tanda merayakan HUT Kota Balikpapan. Sinergi dibangun mulai dari para pelajar maupun pelatih yang dibawah naungan sanggar tari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Balikpapan. K

“Kami latih dalam waktu satu bulan dengan membawakan tarian sinergi of Balikpapan, yang diambil dari SMPN yang berbeda, maka kita sinergikan mereka,” terangnya.

Konsep itu diusung berbeda dengan tahun lalu, jika sebelumnya tarian berserakan ada di mana-mana, sedangkan konsep sekarang fokus pada satu tempat.

Selain tarian, pada peringatan HUT Kota Balikpapan Tahun 2024 melaunching sebuah lagu yang diciptakan untuk pemerintah kota Balikpapan. Penyanyi sekaligus pencipta lagu bernama Supiansyah khusus mendedikasikan untuk Kota Balikpapan

Baca juga ini :  Ribuan Warga Balikpapan Padati Jalan Jenderal Sudirman dan Ahmad Yani

“Kita sedang menggarap video klip untuk lagu tersebut. Mudah-mudahan lagu ini bisa menginspirasikan anak-anak muda Balikpapan. Lagunya cukup bagus,” harapnya.

Semua itu disinergikan menjadi satu kesatuan sehingga terjadi gerak yang sama, spirit yang sama untuk memajukan Balikpapan dan menjadikan Balikpapan bersinergi.

Tarian massal itu menceritakan tentang tatanan kehidupan masyarakat Kota Balikpapan yang selalu hidup rukun, menjunjung tinggi toleransi, semangat gotong royong serta selalu sinergi bersama demi mewujudkan pembangunan yang inklusif dan progresif di Kota Balikpapan.

Diawali dengan bentangan bendera beraneka warna yang dikibarkan oleh Color Guard sebagai simbol keanekaragaman yang ada di Kota Minyak.

Para penari melakukan gerakan senada dengan iringan irama musik.

Seragam menggunakan busana bernuansa pesisir serta balutan motif kelubut, yang kini telah menjadi ikon membanggakan dari Kota Balikpapan.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.