Mental Block

Inibalikpapan.com Sahabatku, kita hidup perlu dan harus belajar, itu sudah menjadi kodrat yang diciptakan oleh Tuhan Mahakuasa bahwa manusia adalah makhluk sosial.

Dalam kelahiran, kita telah dibekali otak kanan, otak kiri dan bahkan otak tengah yang disebut indra. Proses belajar dan pembelajaran ada dari luar dan dari dalam diri kita sendiri.

Kita belajar keluar bahkan negara maju pun belajar keluar. Belajar ke negara maju  sampai sejauh-jauhnya ke Inggris, ke Amerika, ke perguruan tinggi terkenal di luar negeri. Bahkan ke bulan sekalipun akan dikejar demi mempelajari ilmu pengetahuan yang seluas-luasnya dan setinggi-tingginya.

Sahabatku, walaupun kita belajar sebegitu jauhnya keluar, jangan lupa belajar di dalam diri sendiri (siwa raga) melalui banyak cara misalnya meditasi, berzikir, yoga dan lainnya karena itu adalah potensi yang sangat besar dalam pribadi setiap orang.

Jangan sampai melupakan hal itu, sahabatku.

Sering kita dengar, karena terlalu banyak belajar di luar, terlalu banyak meniru orang dari luar, terlalu banyak membandingkan, lama-lama menjadikan diri kita sebagai jiwa yang terasing.

Ciri-ciri jiwa terasing, senang melihat orang susah dan susah melihat orang senang karena merasa tidak selevel kemauan menjadi kurang, tatkala di rumah jiwanya terasa di luar, kurang berterima kasih dan bersyukur kepada Tuhan atas apa yg dimilikinya.

Jiwa terasing seperti ini terakumulasi menjadi Mental Block yakni keyakinan pikiran negatif yang terjadi pada level bawah sadar sehigga tanpa disadari program ini menyabotase segala potensi diri yang dimiliki seseorang. (Andy web.blogspot.co.id)

Sahabatku yang berbahagia, atasi Mental Block tersebut dengan cara :

Carilah penyebab mental block yang menyebabkan kita kurang nyaman. Misalnya, pengalaman buruk masa lalu. Buanglah itu jauh-jauh dengan cara belajar ke dalam diri sendiri, hadirkan energi positif pada diri sahabatku yang terkasih sebagai penyeimbang. Ingat kepada Tuhan yang Mahakuasa. Berdoa mohon diberikan kekuatan lahir dan batin.

Baca juga ini :  Wow! Ada Balikpapan Photofest 2018 di Bandara SAMS Sepinggan

Jadilah diri sendiri, jangan terlalu banyak meniru orang luar karena menjadikan ketidaktahuan akan potensi yang luar biasa pada diri sendiri.

Jangan pernah ragu dan takut untuk mencoba karena saat sesuatu dimulai maka akan merasa susah dan berat dilakukan akibat darimana memulainya. Namun dengan kepercayaan diri yang sahabatku miliki, niscaya pasti mampu dan bisa. PERCAYALAH.

Tulisan saya yang lalu, mengingatkan bahwa setiap malam selalu menulis 3 hal yang dialami dengan menyenangkan dan 3 hal yang tidak disukai tapi harus dikerjakan demi kepentingan yang lebih besar.

Dengan demkian mitigasi penjiwaan akan teratasi di hati dan pikiran kita.

Ayo..ayo…! Semangat…!!! Mengubah sudut pandang tentang Mental Block sehingga hidup dan kehidupan ini terasa bermakna untuk diri kita sendiri, keluarga yang tercinta dan masyarakat lainnya.

Jika kita punya tekad kuat untuk hal itu atas perkenan dan izin Tuhan, maka pasti bisa kita lalui. Hadapi dan jangan hindari dengan demikian pendewasaan diri akan lebih matang.

Ingatlah, hidup ini tidak semudah kata-kata motivasi namun jika kita tidak punya motivasi tujuan hidup akan tidak jelas. Tampak tapi tidak terlihat.

Sekecil apapun, marilah berbagi untuk kemajuan kita bersama, sahabatku.

Indahnya berbagi. (DPS) shared Service Departement Head AP I Balikpapan

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.