Kepala Bappenas Suharso bersama Gubernur Kaltim Siran Noor / Humas Pemprov Kaltim / Adi Suseno

Pembangunan Ibu Kota Negara akan Libatkan Swasta

SEPAKU – Inibalikpapan.com – Pemerintah akan melibatkan swasta dalam pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) baru di Kabupaten Penajam Paser Utara.  Demikian disampaikan Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa.

“Misalnya mereka (swasta) membangun perkantoran, perumahan atau publik facility,” kata Suharso Monoarfa, saat meninjau langsung Titik Nol lokasi Istana Kepresidenan.

“Jadi sepanjang itu bisa menghasilkan revenue buat swasta dan membiayainya, sehingga pada saat yang sama kita juga menggerakan ekonomi,”

Dia mengungkapkan, bahwa pembangunan Ibu Kota Negara akan dibangun dengan berbagai skema kerjasama dengan pihak swasta. Tidak akan memberatkan APBN dalam bentuk cast flow up frontnya, dan itu yang dihindari.

“Bahwa dibiayai APBN ya, tetapi caranya tidak memberatkan APBN, dan pada saat yang sama, kita memberikan kesempatan kepada swasta untuk bergerak,” ujarnya.

Dia menambahkan, pembangunan Ibu Kota Negara baru justru akan  memicu economy recovery (pemulihan ekonomi). “Economy recovery kalau biasa-biasa saja, saya kira sulit kita untuk kembali pada pertumbuhan diharapkan,” ujarnya. (PemprovKaltim)

Comments

comments

Baca juga ini :  Tak Tinggal Diam, Rahmad Mas'ud “Perang” Lawan Corona

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.