Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas. (Timesindonesia.co.id)

Pemerintah Tetapkan Awal Puasa Selasa Besok

JAKARTA, Inibalikpapan.com – Pemerintah menetapkan 1 Ramadan 1442 Hijriah atau awal puasa tahun ini pada Selasa (13/04) besok. Hal itu disampaikan Menteri Agama Yaqut Cholil, Senin (12/4/2021).

Dilansir dari suara.com jaringan inibalikpapan, Yaqut Cholil mengungkapkan, penetapan awal puasa tersebut berdasarkan kesepakatan semua pihak dan tidak ada yang berbeda pendapat mengenai hal tersebut.

“Tanpa ada perbedaan, kami bersepakat kami menetapkan 1 Ramadan jatuh pada tanggal 13 April 2021 Selasa besok pagi. Malam ini sudah bisa tarawih. Subuh sudah mulai ibadah puasa,” jelasnya. 

Sementara Sidang Isbat juga dihadiri Ketua Komisi VIII DPR Yandri Susanto, Majelis Ulama Indonesia (MUI). Sidang juga diikuti perwakilan ormas melalui aplikasi daring.

Sebelumnya, penentuan awal kalender Ramadan 1442 Hijriah dilaporkan Kementerian Agama (Kemenag) yang menerima referensi terlihatnya hilal di wilayah Indonesia pada Senin (14/2/2021).

Anggota Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kementerian Agama Cecep Nurwendaya memaparkan posisi hilal Awal Ramadan 1442H.

“Ada referensi bahwa hilal awal Ramadan 1442 Hijriah hari Senin tanggal 12 April 2021 dapat teramati dari wilayah Indonesia,” katanya. 

Dia mengemukakan, ijtimak terjadi pada Senin pagi sekira pukul 09.31 WIB. Kemudian saat matahari terbenam, di seluruh Indonesia sudah terjadi ijtimak atau konjungsi. 

“Hilal awal Ramadan sudah cukup tua, umurnya sudah lebih delapan jam. Di Indonesia hilal berada pada posisi signifikan untuk dilihat,” katanya.

Sumber : suara.com

Comments

comments

Baca juga ini :  Ditengah Pandemi Covid-19, Investasi di Kaltim Naik 150 Persen, Capai Rp 31 Triliun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.