Forum Grup Diskusi (FGD) Ekonomi Tax Amnesty yang digagas Forum Jurnalis Ekonomi Balikpapan, Rabu (21/09) di Novotel.

Pemkot Balikpapan Dukung Pengembangan Ekonomi Kreatif

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Pemerintah Kota Balikpapan mendorong agar Forum Ekonomi Kreatif yang telah terbentuk tidak hanya merumuskan menetapkan, mengkoordinasikan tapi juga mensinkronisasi seluruh kebijakan terkait ekonomi kreatif.

Hal itu disampaikan Kabid Perindustrian Dinas Koperasi, UMKM dan Perindustrian (DKUMKMP) Kota Balikpapan Adward Skenda. Pasalnya, salah satu tujuan terbentuknya Forum Ekonomi Kreatif untuk mendorong dan mengembangkan para pelaku ekonomi kreatif.

“Pada forum Ekonomi kreatif juga memfasilitasi, mempublikasi dan memasarkan produknya dari ekspose atau festival yang dilaksanakan. Ekonomi kreatif memiliki potensi yang sangat besar di berbagai bidang baik itu pariwisata ataupun lainnya,” ujar Adwar

Menurutnya, Pemerintah Kota Balikpapan selama ini memang memberikan perhatian serius terhadap pengembangan ekonomi kreatif. Hal itu karena Balikpapan bukan sebagai daerah yang menghasilkan sumber daya alam
Karenanya pemanfaatan sumber daya manusia harus lebih dimaksimalkan, khususnya melalui ekonomi kreatif esktor kriya (Go Batik), aplikasi dan games, kuliner, film, videografi, fotografi, fasion, desain, dan seni pertunjukan hingga riset dan pengembangan wisata.

“Di Balikpapan itu ada sekitar 20 pelaku ekonomi kreatif yang sudah masuk juga pada UKM di Balikpapan. Dalam hal ini kulinernya tentu kreatif bukan hanya kuliner biasa tapi sudah kekinian,” ujarnya.

Kata dia, sebagai bentuk dukungan terhadap pengembangan ekonomi kreatif, Pemerintah Kota Balikpapan menganggarkan sebesar Rp 300 juta khususnya k untuk menggelar festival, pelatihan ataupun workshop maupun biaya promosi

“Rencananya ada penambahan, namun karena anggaran kota juga terbatas maka anggaran yang ada itu dimaksimalkan untuk mengembangkan ekonomi kreatif,” ujarnya..

Comments

comments

Baca juga ini :  Balikpapan Dorong Perkembangan Ekonomi Kreatif

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.