Aprilia Manganang / ffsportz.com/

Pengadilan Tondano Sahkan Mantan Atlet Putri Menjadi Laki-laki

JAKARTA, Inibalikpapan.com –Mantan atlit voli timnas putri Aprilia Santini Manganang telah resmi menjadi laki-laki dan berganti nama Aprilio  Perkasa Manganang melalui putusan Pengadilan Negeri Tondana, Sulawesi Utara (Sulut) , Jumat (19/03).

“Mungkin, selama 28 tahun saya menjalani status sebagai wanita dan saya bersyukur bangat  saya bisa lewati itu. Dan terutama juga saya berterima kasih kepada Bapak KSAD dan Ibu dan semua jajaran dokter,” ujar Aprilio sambil terisak, dilansir dari suara com jaringan inibalikpapan.com.

Dia bersyukur Majels Hakim mengabulkan permohonannya pergantian identitas menjadi laki-laki setelah 28 tahun sebagai wanita. “Saya sangat bersyukur berkat dukungan atasan semuanya saya bisa lewati itu. Dan mungkin ini momen terindah buat saya,” ujarnya.

Aprilio, demikian dia disapa, menyatakan, siap menjalani kehidupan baru dengan identitas yang baru dalam lingkungannya. “Saya ingin awali hidup saya dengan baru. Saya buka lembaran hidup baru,” ucapnya dengan suara serak. 

Dia ingin menjadi lelaki sejati, hidup bertanggungjawab. Apalagi dia saat ini berpangkat Sersan Dua TNI AD. “Saya mungkin, ke depan  harus bayak belajar. Bahkan mungkin ini transisi buat saya. Saya ingin menjadi lelaki sejati ,” ujarnya.

Aprilio sejak lahir mengalami kelainan hipospadia . Padahal sebenarnya dia adalah laki-laki. Kelainan hipospadia atau kondisi lubang kencing pada alat kelaminnya terletak pada bagian bahwa organ. Kasus tersebut jarang sekali terjadi.

Sebelumnya Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa menyatakan, akan membantu untuk proses pengubahan status kelamin pada data kependudukan Aprilia menjadi laki-laki.

“Karena anak ini lahir dengan kelainan sistem reproduksinya dan kebetulan masuk ke dalam kategori 10 persen yang kasusnya serius. Jadi hipospadia ini mayoritas atau 90 persen tidak serius kemudian yang 10 persen serius,” kata Andika

Baca juga ini :  SKK Migas - KKKS Wilayah Kaltim Bantu Korban Banjir Samarinda

sumber : suara.com

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.