Penumpang di Bandara Balikpapan Menurun, Ini Sebabnya

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Jumlah penumpang pesawat udara di Bandar Udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Balikpapan sepanjang tahun 2015 turun cukup signifikan. Di tahun sulit itu, Angkasa Pura I hanya mencatat jumlah pengguna bandara hanya sekitar 7,3 juta orang.

“Sepanjang tahun 2015 jumlah penumpang Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS)  Sepinggan Balikpapan mengalami penurunan sebesar 8,1 persen dari tahun sebelumnya,” ungkap Communication and Legal Section Head Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, Awaluddin.

Faktor utama yang mempengaruhi penurunan jumlah penumpang adalah perlambatan ekonomi. Apalagi aktivitas bisnis di Kalimantan Timur paling terdampak penurunan industri pertambangan. Selama ini, sektor pertambangan, utamanya batubara menjadi sektor jadi andalan dan ini berdampak pada datang dan pergi melalui bandara,” jelas dia.

Awaluddin menyebutkan realisasi jumlah penumpang domestik dan jumlah penumpang internasional mengalami penurunan hingga 30 persen.

Dari data yang dihimpun Angkasa Pura I Bandara Udara SAMS Sepinggan Balikpapan pada 2015, tercatat penumpang internasional mencapai 73.229 orang, sementara pada 2014 jumlah penumpang internasional mencapai 102.586 orang.

Tahun 2013 ke 2014 jumlah penumpang mengalami peningkatan sebesar 6,9 persen. Penurunan juga terjadi pada kargo domestik. Tercatat sepanjang 2015, jumlah kargo yang masuk dan keluar dari Bandara SAMS mencapai 5.105 ton, sementara setahun sebelumnya jumlah kargo mencapai 5.415 ton.

Comments

comments

Baca juga ini :  Rencananya Kamis Tol Samboja -Palaran Dibuka Gratis, Pengguna Tetap Diminta Siapkan E-Toll

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.