Home / iniFLASH / PKPU Tahapan Belum Terbit, KPU Balikpapan Lakukan Sejumlah Kegiatan di Juni Ini

PKPU Tahapan Belum Terbit, KPU Balikpapan Lakukan Sejumlah Kegiatan di Juni Ini

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com —Peraturan KPU mengenai tahapan pilkda pasca penundaan Pilkada dari 23 September ke 9 Desember hingga kini belum terbit.
Namun dipastikan pada tanggal 15 Juni 2020 ini mulai mengaktifkan PPK, dan pengukuhan Anggota KPPS yang tertunda  karena wabah covid-19. 

” Nah itu langsung dimulai. Yang pertama PPK  diaktifkan dulu. lalu setelah itu melantik PPS kemarin yang harusnya dilakukan 23 Maret kemarin ditunda.  Nanti didesain ulang apakah di pandemi melakui Protokoler atau bagaimana,” jelas Ketua KPUD Balikpapan Noor Thoha (2/6/2020).

Di bulan juni, pihaknya sambil menunggu PKPU,  sudah harus bergerak cepat yakni membentuk PPDP (petugas Pemutahiran data pemilih). Mereka inilah yang akan melakukan pemutahiran melalui coklit ( pencocokan dan  penelitian pemilih) di setiap RT untuk perorangan.
” Karena Balikpapan tidak ada Balikpapan tidak melakukan itu.tapi langsung coklit untuk pemilih Pilkada,” ujarnya.

Hal  lain yang sedang disiapkan yakni sosialisasi Pilkada karena masih banyak masyarakat yang tidak mengikuti perkembangan Pilkada ini. ” Penundaan ini harus disosialisasikan betul kepada masyarakat dan seluruh bakal calon. Nah ini menunggu regulasi resmi,” katanya.

Menyinggung teknis di lapangan saat masih pandemi diakui Noor Thoha ada pasti yang berbeda.
” Ya jelas. Secara teknis pemungutan dan perhutingan sama cuma mekanismenya itu disertai protokol covid.  Itu protokolnya akan dituangkan dalam juknis,” ujarnya. 

Sebagaimana diketahui protokol kesehatan itu dengan istilah New normal seperti memakai masker, hand sanitizer, pengukuran  suhu tubuh,  pengaturan jarak itu wajib. Namun dalam prakteknya ini tidak mudah karena masuk dalam kegiatan pengumpulan masa.

Bagi penyelenggara lebih dari itu. Makanya kita penyelnggara akan rapid test,. Mereka punya potensi reaktif. Nah ini juga penting dilakukan” tandasnya.

Comments

comments

About andi aa

Check Also

Polda Kaltim Berhasil Amankan Spesialis Pencuri Tali Kapal

Direktorat Polairud Polda Kaltim gelar Konferensi Pers terkait pengungkapan kasus pencurian tali kapal, yang di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.