AS Pelaku curanmor yang diamankan Polresta Balikpapan beberapa waktu lalu

Polresta Balikpapan Bentuk Tim Beruang Hitam Tindak Kejahatan

BALIKPAPAN, Inibalikpapan – Polresta Balikpapan membentuk tim yang diberi nama Beruang Hitam untuk menekan angka kejahatan C3 yakni curat (pencurian dan pemberatan), curas (pencurian dengan kekerasan) dan curanmor (pencurian kendaraan bermotor).

Pasaca dibentuknya Tim Beruang Madu dalam dua pekan terkahir, berhasil mengamankan 13 pelaku kejahatan, mulai dari pencurian kendaraan roda dua dan roda empat, penjambretan, begal maupun perampokkan.

Kapolres Balikpapan AKBP Wiwin Firta, melalui Kasat Reskrim Polres Balikpapan AKP Costa Sabam M Siahaan mengatakan,keberadaan tim Beruang Hitam bisa memberi rasa aman kepada warga yang resah dengan aksi kejahatan.

“Kami ingin memberikan jaminan kemanan bagi warga dalam melaksanakan aktifitas makanya kami bentuk Beruang Hitam untuk menindak para pelaku kejahatan C3,” ujarnya

Dari 13 pelaku kejahatan yang diamankan, 5 orang tersangka pencurian roda empat, 3 orang tersangka pencurian roda dua, 4 orang tersangka dengan 47 tempat kejadian perkara. Dari kasus curat sebanyak 1 tersangka dengan dua tempat kejadian perkara.

“Kita Polres Balikpapan bersama Polsek-polsek telah berhasil mengamankan belasan tersangka dari kasus C3 tersebut dan terbagi di Polres dan Polsek-polsek,” ujarnya.

“Atensi kami di Selatan dan Barat ya, tapi bukan berarti di wilayah lain tidak kami perhatikan, semua sama. Namun untuk dua wilayah ini karena dianggap Red Zone lah ya,”

Khusus untuk kasus begal yang sempat meresahkan masyarakat, Costa menuturkan, sudah ada tiga yang berhasil diungkap setelah bekerjasama dengan masyarakat. Polisi bahkan tidak segan menembak kaki pelaku yang melawan.

“Kita begal sudah berhasil ungkap. Begal ini kita beri tindakan serius (tembak kaki) karena pelakunya ada yang melawan dan berusaha melarikan diri,” ujarnya.

“Hampir semua kejahatan pemain tunggal. Dan ada dua orang yang merupakan residivis. Warga juga kami harapkan punya peran aktif. Laporkan saja kira-kira apa yang mencurigakan. Tujuannya kan agar tetap aman kota ini.”

Baca juga ini :  Soal Protokol Kesehatan Pilkada, Polresta Balikpapan Kedepankan Preventif

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.