Yunus Nusi / PSSI

PSSI Pastikan Kompetisi Liga 2 Bakal dengan Format 3 Wilayah

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – PSSI merilis format liga 2 untuk musim 2022/2023 yang akan diikutisebanyak  28 klub bakal dibagi dalam tiga wilayah atau tiga grup.

Hal itu berdasarkan hasil manager meeting antara PT Liga Indonesia Baru  (LIB) selaku operator kompetisi dengan klub serta hasil rapat Exco

Keputusan ini diambil dengan berbagai macam pertimbangan dan format 3 wilayah menjadi pilihan paling akomodatif untuk semua klub.

Selain itu 3 wilayah dianggap formai yang terbaik dalam rangka efisiensi  keuangan klub dan efektivitas jadwal kompetisi.

Sekretaris Jenderal PSSI Yunus Nusi menyatakan, dalam waktu dekat segera kick off liga 2. Sebelumnya disebut liga 2 akan kembali bergulir pada akhir Agusrus bulan ini

“Setelah Liga 1 bergulir, sebentar lagi akan bergulir Liga 2. PSSI berharap kompetisi nanti bisa menyajikan tontonan yang menarik. Termasuk kualitas laga ketimbang musim-musim sebelumnya,” ujar Sekjen PSSI Yunus Nusi.

Kata dia, kompetisi kasta kedua nasional tersebut, akan berjalan ketat karena ada sejumlah klub yang pernah berada di liga 1 diantaranya Persela Lamong, Persipura Jayapura dan Persiraja Banda Aceh.

 “ Ini akan berjalan ketat. Pasti ramai kalau melihat kualitas klub-klub di atas. Siapkan diri sebaik mungkin. Klub yang bisa promosi Liga 1 adalah klub yang paling siap,” ujarnya

Sebelumnya disebut, format tiga wilayah tersebut, akan menggunakan sistem home away. Kemudian babak enam besr juga dengan sistem home away.

Empat tim akan memperebutkan jatah tiket lolos ke liga 1 musim depan. Tim dua tim yang lolos ke final akan dapat tiket ke liga 1 dan satu tiket lagi diperbutkan 2 tim lainnya.

Adapun 28 klub tersebut yakni 3 klub yang degradasi dari liga 1 yakni Persiraja Banda Aceh, Persipura Jayapura dan Persela Lamongan, serta 8 klub yang promosi dari liga 3 dan 17 klub liga 2.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.