Ilustrasi

RS Kanudjoso Balikpapan Siapkan 51 Ruang Isolasi

BALIKPAPAN, Inibalikpapan – Rumah (RS) Sakit Kanudjoso Djatiwibowo Balikpapan yang telah ditetapkan menjadi RS khusus rujukan pasien suspect maupun positif virus corona telah menyiapkan 51 ruang khusus isolasi.

“Penambahan ruang isolasi dari 21 bisa menambah 51 pasien untuk isoloasi,” ujar Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi.

Selain itu RS lainnya juga telah menyiapkan ruang isolasi untuk mengantisipasi jika pasien meningkat. “RS Tentara Harjanto sudah ada 4 kamar sudah selesai. Ditambah ruang bangsal samping 10 lebih untuk observasi,” ujarnya.

Sementara terkait kebutuhan anggaran, Rizal mengaku, telah meminta Sekretaris Daerah (Sekda) menyiapkannya. Mengingat kini Kota Balikpapan tetap ditetapkan kejadian luar biasa(KLB) sehingga bisa menggunakan anggaran KLB.

“Status KLB itu kan siaga darurat kita sudah minta Ketua Gugus Tugas Pak Sekda siapkan beberapa  hal terutama pengaanggaran agar bisa gerakan lebih massif,” ujarnya.

Dia menjelaskan, telah menerima surat edaran dari Menteri Keuangan maupun Menteri Dalam Negeri terkain penggunaan anggaran KLB “Kemudian aklau kurang kita bisa lakukan penambahan anggaran mendahulu APBD Perubahan,” ujarnya

Kata dia, skema anggaran untuk pencegahan dan penanganan virus corona, melalui APBD< APBD Provinsi maupun APBD Kota. “Hitung dulu berapa kebutuhan, ini kan perkembangan terus terjadi. Sekda akan monitor terus sampai akan susun anggaran dengan DPRD,” ujarnya.

Comments

comments

Baca juga ini :  Dampak Virus Corona, Pelantikan Anggota PPS Balikpapan Batal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.