Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Balikapapan Purnomo

Seragam Sekolah Gratis Tiba di Balikpapan, Dibawa 3 Kontainer

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com – Setelah sekian lama menunggu, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Balikpapan mengklaim jika seragam sekolah gratis sudah tiba di Balikpapan.

“Untuk sragam nasional sudah masuk Rabu (2/11/2022) dan mulai pendistribusian ke sekolah-sekolah,” kata Kepala Disdikbud Kota Balikpapan Purnomo, Kamis (3/11/2022).

Purnomo menambahkan, yang datang baru satu kontainer dengan jumlah yang harusnya datang ada 3 kontainer, masing-masing kontainer beratnya 20 ton.

“Nanti kita upayakan ada waktu bisa kita lakukan penyerahan secara simbolis, total 83.000 stel seragam sekolah bagi kelas  1 SD,MA dan  kelas 7 SMPN dan Swasta,” tuturnya.

Ia menambahkan, masing-masing siswa nanti mendapatkan 3 stel pakaian. Seragam Nasional, seragam batik dan seragam Pramuka lengkap dengan topi dan batiknya.

“Karena masih manual pendataannya memang kemaren ada sekolah swasta yang agak lambat pendataannya sementara ukuran sudah harus diberikan ke pemenang tender,” akunya.

“Namun Inshaa Allah tahun depan sudah lebih efisien karena sudah masuk dalam e-katalog jadi ukuran masuk tinggal klik saja,” ungkapnya.

Tak lupa ia juga mengingatkan kepada orangtua siswa bahwa saat ini Sesuai arahan Wali Kota Balikpapan, selain seragam gratis juga pemkot sudah mensubsidi SPP sekolah swasta.

“Jadi untuk SD kita Subsidi Rp. 75.000 Dan SMP Rp.110.000 Jadi orangtua siswa silahkan dipantau jangan sampai bayar Full Lagi SPPnya,” akunya.

Ia menjelaskan, bantuan subsidi disalurkan per 6 bulan sekali dan diberikan dua kali dalam setahun. Adapun sekolah yang  menolak program tersebut di antaranya SMP Muhammadiah 3, SD Rafles dan SD Bina Bangsa, yang menolak Bosda ada SMP Pelita Hati, SMP IPK, SMP Bina Bangsa dan untuk MI Ibnu Umar.

“Dalam suratnya mereka sekolah-sekolah mampu mandiri, saya pikir ini bagus karena bisa kita alihkan ke sekolah lain yang membutuhkan. Karena kita menghitung kapasitas keuangan daerah butuh dana- dana lain untuk meningkatkan pendidikan di Kota Balikpapan,” imbuhhya.

Baca juga ini :  Ajukan Pergub, Penguatan Standar Perusahaan Media Siber

Untuk diketahui sebelumnya, Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud berjanji akan merealisasikan program pembagian seragam sekolah gratis pada tahun ajaran ini.

Penyaluran seragam sekolah gratis ini, lanjut Rahmad, diperuntukkan bagi siswa baru masuk dari tingkat sekolah dasar (SD) hingga sekolah menengah pertama (SMP).

“Seragam sekolah gratis ini akan diberikan mulai tahun ini bagi siswa yang baru masuk sekolah, kalau yang sudah kelas 2 dan kelas 3 tidak kami berikan. Dan ini gratis,” katanya.

Ia menerangkan, pemberian seragam sekolah gratis ini merupakan salah satu dari realisasi program yang sudah direncanakan dalam masa kepemimpinan sebagai Wali Kota Balikpapan.

Menurutnya, di tahun pertama dalam masa kepemimpinannya, dirinya sudah merealisasikan sejumlah program. Yakni, pemberian bantuan iuran BPJS Kesehatan kelas tiga gratis bagi masyarakat Kota Balikpapan. Kemudian, penyaluran subsidi SPP bagi siswa di sekolah swasta.

“Program yang sudah saya penuhi dalam masa jabatan saya ini di antaranya BPJS gratis kepada seluruh warga Kota Balikpapan untuk yang kelas 3. Yang kedua, untuk masalah pendidikan Alhamdulillah untuk subsidi SPP untuk sekolah swasta sudah kita realisasikan dan tahun ini sudah jalan.Dan yang ketiga adalah infrastruktur pendidikan, sudah kita bangun,” ungkapnya.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.