Setelah 20 Tahun, Walikota Launching Rute Baru Angkot di Balikpapan

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com — Untuk mempermudah dan lebih mendekatkan dengan masyarakat Kota Balikpapan dalam memperoleh pelayanan angkutan kota (angkot) hingga sampai ke pemukiman perumahan, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Balikpapan melakukan perubahan dan penambahan rute baru bagi angkot.

Untuk itu Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud melauncing rute baru jalur angkutan kota (angkot) yang dilaksanakan di Terminal Batu Ampar, Balikpapan Utara, Selasa siang (22/6/2021). Hadir pula dalam kegiatan tersebut Kepada Dishub, Ketua SPTI, Ketua Organda, Kepala BPTD.

“Tentu kami memberi apresiasi dan dukungan dengan adanya program pembukaan rute baru angkot, program ini bisa menyentuh kepada masyarakat dalam pelayanan transportasi,” ujar Rahmad Mas’ud saat diwawancarai Inibalikpapan.com disela-sela kegiatan launcing, Selasa (22/6/2021).

Apalagi jika rute angkot di Balikpapan ini sudah tidak ada perubahan selama 20 tahun, sedangkan banyak jalur-jalur yang masuk di lingkungan pemukiman masyarakat tapi tidak dilalui rute angkot. “Dengan rute baru ini khususnya pelayanan publik dalam angkutan kota bisa dirasakan warga Balikpapan,” harapnya.

Sementara itu, Kadishub Kota Balikpapan Sudirman Djayaleksana mengatakan, untuk rute baru angkot di Balikpapan sebenarnya merupakan pekerjaan rumah bagi Dishub, pasalnya selama kurang lebih 20 tahun ini rute angkot di Balikpapan tidak berubah. “Hal inilah yang membuat kami di Dishub bersama dengan organda serta para Ketua trayek angkot yang ada di Balikpapan berdiskusi untuk membuat rute baru bagi angkot,” kata Sudirman.

Perubahan dan penambahan jalur rute angkot ini dikatakan Dirman juga didukung oleh faktor kota Balikpapan yang kian berkembang pesat, sehingga dibutuhkan angkot untuk menyebar masuk ke pemukiman warga.

“Banyak selama ini masyarakat menyampaikan kepada Dishub belum terlayani dengan baik untuk jalur angkot, dan selama satu tahun kajiannya barulah hari ini kita uji coba rute baru angkot,” tuturnya.

Baca juga ini :  AJI Desak Kepolisian Usut Kematian Jurnalis di Mamuju Tengah

Dirman menambahkan, selama ujicoba rute baru angkot memang tidak gratis tapi untuk biaya tarif masih sama dengan yang sebelumnya Rp 5 ribu untuk jalur jauh persatu orang. “Sementara tarif masih sama, tapi kemungkinan akan berubah karena melihat rute yang baru ini juga cukup jauh, nanti kami akan bahas lagi dengan organda terkait tarifnya,” tutup Dirman.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.