SSB Dostep dan Bintang Timur Manggar Juarai Piala GM RU V Balikpapan

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com -Kejuaraan sepakbola bertajuk Piala General Manager PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU V Balikpapan, ditutup secara resmi, di Lapangan Merdeka, Jalan Jenderal Sudirman, Minggu (4/6/2023).

Kejuaraan usia U-10 dan U-12 diikuti 32 tim SSB. SSB Dostep U- 12 keluar sebagai juara pertama. Sedangkan U-10 SSB Bintang Timur Manggar keluar sebagai juara pertama.

Pertandingan berlangsung seru meski terik matahari masih menyengat. Dukungan pelatih, keluarga dan saudara serta penonton membuat tim finals tampil dengan semangat juang untuk menang.

Di final, SSB Dostep Balikpapan mengalahkan Nausam Samarinda dengan skor 2-0. Sedangkan U -10 SSB Bintang Timur mengalahkan SSB Telkom dengan skor 2-1.

Dalam pertandingan final ini juga diumumkan wasit terbaik, pemain terbaik, kiper terbaik, top skor. Masing-masing juga mendapatkan hadiah uang.

GM PT KPI RU V Balikpapan Arafat Bayu Nugroho mengatakan, pihaknya telah menyelesaikan kompetisi yang berlangsung selama empat hari, yaitu Asian Soccer Competition Region Kalimantan Timur (Kaltim).

“Ini bagian dari penyiapan tim untuk kompetisi yang sama di region asia. Di mana akan diadakan di Penang, di bulan Juli,” ujarnya.

Ia mengapresiasi para peserta dan klub yang bertanding, karena telah berusaha dengan penuh dengan nuansa kompetisi, dan sportifitas.

Ia berharap kompetisi inj bisa menanamkan terus semangat berolahraga yang penuh dengan sportifitas, kepada semua peserta yang masih remaja. Sehingga diharapkan nanti akan muncul bibit-bibt unggul atlet sepakbola di Kalimantan Timur.

“Ini semacam turnamen antara, karena akan kita laksanakan setiap satu tahun sekali. Nah dijeda, enam bulan sebelum pelaksanaan di tahun depan akan kita laksanakan kegiatan yang sama, untuk menyemarakkan hari ulang tahun (HUT) Pertamina, di bulan Desember nanti. Cita-citanya untuk regional Kalimantan Timur,” ungkapnya.

Baca juga ini :  Harga Jual Air Tandon Tak Wajar, PTMB Siapkan Surat Edaran

Ia mnjelaskan, melihat antusiasme pencinta olahraga sepakbola yang cukup tinggi. Hal ini bisa dilihat dari total jatah per klasifikasi umur, yang mencapai lebih dari 50 tim yang mendaftar. Antusiasme ini dilihat sebagai potensi yang besar untuk terus dilakukan pembinaan.

“Pertama dengan adanya kegiatan ini saya mengucapkan terima kasih kita dapat support penuh dari seluruh stakeholder yang ada di Kalimantan. Dari aparat penegak hukum dan dari pemda hadir juga. Mudah-mudahan kondisi dan suasana yang kondusif ini tetap kita jaga. Kemudian sama-sama kita doakan mudah-mudahan Pertamina bisa terus berkontribusi untuk memajukan olahraga di Kalimantan Timur,” pungkasnya.

Sementara itu, Staf Ahli Pemkot Balikpapan Arzeidi Rahman M.M mengatakan, atas nama pemerintah kota balikpapan mengucapkan terima kasih kepada badan pembina olahraga pertamina yang telah menyiapkan turnamen ini dengan baik, sehingga setiap pertandingan berlangsung penuh sportivitas dan menghibur.

“Saya mengucapkan selamat kepada klub yang hari ini bergembira meraih kemenangan. semoga capaian yang diraih hari ini tidak membuat kalian cepat merasa puas. jadikan prestasi ini sebagai pemacu untuk meraih sukses berikutnya dalam kompetisi yang lebih tinggi lagi,” ujarnya.

Selain itu, Arzaedi menyebut, bagi yang belum berhasil mancapai target, janganlah putus asa. kegagalan hari ini hanyalah salah satu langkah menuju tangga keberhasilan lainnya. karena itu Wali Kota Balikpapan H Rahmad Mas’ud berpesan teruslah berlatih dan berusaha.

“Tidak ada kata menyerah untuk dapat mencapai hasil yang diharapkan,” tuturnya.

Arzaedi melanjutkan, pelaksanaan turnamen sepakbola usia dini piala bergilir GM PT Kilang Pertamina Internasional RU V menjadi salah satu bukti lahirnya talenta sepakbola kota balikpapan. Generasi sepakbola yang tidak mudah menyerah dan pejuang yang tangguh. melihat antuasiasme dan semangat para atlet selama pertandingan, saya optimistis akan munculnya pahlawan-pahlawan lapangan hijau dari balikpapan.

Baca juga ini :  Rita : Perbaiki Infrastruktur Jalan, Usulkan Anggaran di APBD Perubahan

“Apalagi jika hal tersebut terus mendapat dukungan dari sektor dunia usaha seperti yang dilakukan Pertamina saat ini. karena hanya melalui dunia usaha, olahraga, khususnya sepakbola bisa menjadi sebuah industri layaknya negara-negara maju,” urai Arzaedi.

Ia mengatakan, keterlibatan swasta dalam mengembangkan olahraga merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan. karena prestasi dalam olahraga merupakan sebuah proses panjang yang hanya bisa dilakukan dengan pembinaan secara berjenjang.

“Terakhir saya ingin menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah menyelenggarakan kejuaraan ini. semoga melalui turnamen ini muncul talenta-talenta lapangan hijau yang dapat mengangkat prestasi sepakbola ke tingkat yang lebih tinggi. Akhirnya dengan mengucapkan alhamduliilahirabbil alamin kejuaraan sepakbola piala bergilir GM PT Kilang Pertamina Internasional RU V, secara resmi saya nyatakan ditutup,” katanya.

Kegiatan ini dihadiri jajaran instansi vertikal dan Pemkot Balikpapan, serta segenap klub sepakbola yang terlibat dalam kegiatan tersebut. Antara lain, Staf Ahli Pemkot Balikpapan Arzeidi Rahman S.Sos., M.M, KBO Dit Pam Obvit Polda Kaltim AKBP Sunardi, Pasiops Dim 0905/Bpp, Mayor Inf Sujud, Palaksa Lanal Balikpapan, Mayor Laut (P) Dodit Yunata Kristian., S.H., M.H., M. Tr. Opsla. Kasat Pol Air Polresta Balikpapan, Kompol Kashianto, SH. Kasibinjas Lanud Dhomber, Letda Kes Dandi Alif Kasbiantara.

Selain itu, hadir pula, Kabid Kebudayaan Disdik Kota Balikpapan, Pargiyanto, Sr Manager Operation & Manufacturing, Novie Handoyo Anto, Manager Production, Bimada Gurit Paramita, Manager Eng & Dev, Bpk. Febrian Dwi Prastyo, Manager Finance RU V, Bobby Satrio Prabowo, Area Manager Legal Counsel RU V, Risnandar Halid, Area Manager Comm, Rel & CSR RU V, Ely Chandra Perangin Angin, Section Head Security – HSSE RU V, Nurhadi Purwanto.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.