Telkom Latih UKM Tingkatkan Layanan Promosi Dengan Digital

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Perusahaan Telekomunikasi (Telkom) Indonesia berupaya mendorong Usaha Kecil Menengah untuk terus meningkatkan layanan promosi dan pemasaran menggunakan digital. Upaya dilakukan dengan melakukan pelatihan digital kepada puluhan UKM di Balikpapan dengan tema Peningkatan Layanan Promosi dan Pemasaran di Kantor Witel Balikpapan, Rabu (29/11/2017).

Dalam pelatihan digital itu diikuti lebih dari 30 UKM makanan hingga kerajinan tangan. Sedangkan sebagai pembicara adalah pelaku usaha Peyek Kepiting Kampung Timur, Filza Budi, dan dari Belanja.com.

“Pelatihan yang dilakukan hari ini adalah bentuk pembinaan Telkom ke ukm karena kami tidak hanya berhenti pada pemberian modal, tapi juga mengawal sahabat ukm bisa mengelola bisnis secara excelent mulai dari tata cara pengelolaan keuangan, sampai dengan tata cara mereka melakukan pemasaran. Tahapan saat ini kita memberikan edukasi dan sharing bagaimana menjual produk ukm secara online,” papar General Manajer Telkom Witel Balikpapan Deny Aryanto disela kegiatan.

Menurutnya, dalam pelatihan nanti juga dijelaskan cara menjual barang ataupun produk di online dan terakreditasi secara internasional sehingga pelaku usaha akan merasa nyaman dan aman saat melakukan pemasaran melalui online.

“Di dalam koridor kami kita juga menyediakan situs belanja online yang sudah terakreditasi dan sinergi dengan situs belanja online yang sudah internasional. Nah kita buat belanja.com sekaligus memberikan wadah dan sekaligus memberikan tips bagaimana sih teman-teman ukm ini bisa menjual  secara online dan terakreditasi secara internasional,” terangnya didampingi Santoso Manager CDC Regional VI Kalimantan.

Selain itu, Deny mengatakan dengan pembinaan yang dilakukan itu dapat mendorong pertumbuhan omzet yang secara tidak langsung juga mendorong roda perekonomian baik internal UKM, pemerintah kota maupun Indonesia secara nasional.

Baca juga ini :  Polisi Sita Ribuan Ton Batu Bara ilegal dan 3 Tersangka di Kutai Kartanegara

“Adanya pertumbuhan omzet, pembeli, secara tidak langsung mendorong perekonomian baik untuk internal ukm, pemerintahan kota maupun indonesia secara nasional. Mana kala kita memberikan bantuan modal kami berharap teman-teman bisa mudah mengembalikannya,” tukasnya.

Sementara itu, Pelaku usaha oleh-oleh Balikpapan, Hartono mengapresiasi pelatihan digital yang diberikan sangat membantu dirinya dalam pemasaran produknya. Karena selama ini yang dilakukan masih di toko.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.