Jalan Tol Balikpapan - Samarinda

Tol Balikpapan – Samarinda Beroperasi, Dorong Pertumbuhan Ekonomi Baru

BALIKPAPAN, Inibalikpapan – Keberadaan Tol Balikpapan – Samarinda akan mendorong pertumbuhan ekonomi baru di Kaltim khususnya di Kota Balikpapan dan Samarinda. Hal itu disampaikan Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Kaltim Tutup S Cahyo.

“Jadi kan teorinya dimana terjadi konektifitasnya infrastrukturnya. Di tempat-tempat exit nya sudah mulai kan, pertumbuhan ekonomi baru. Disitu sudah mulai tumbuh pusat-pusat pertumbuhan`ekonbomi  baru,” ujar Tutup.

“Yang kedua biaya logistiknya semakin murah, karena efisensi waktu dan lebih cepat. Berpengaruh pada semua harga juga,”

Menurutnya, bakal ada multi efeck dengan keberadaan Tol Balikpapan – Samarinda. Karena akan juga mendorong pertumbuhan sektor ekonjomi  lain, diantaranya jasa, seperti pariwisata, kontruksi, hotel, restaurant maupun lainnya.

“Kalau pusat-pusat ekonominya tumbuh  sudah jalan itu akan terjadi multi effect, ekonomi-ekonomi lainnya juga akan tumbuh. Kalau ada sumber-sumber pertumbuhan yang bisa di push, yang paling gampang pariwisata,” ujarnya.

“Kalau disana ada pariwisata tapi kita ada hambatan infrastruktur, begitu ada infrastrustrukr itu akan banyak orang kesana, karena kan lebih mudah, muncul lah disana, hotel, rumah makan dan lainnya . Mulai muncul lah pertumbuhan ekonomi baru,”

Hanya saja kata dia, tentu butuh waktu. Karena tidak akan sama dengan di Pulau Jawa yang jumlah penduduknya lebih banyak, sehingga pertumbuhan kekonomi baru lebih cepat. Selain itu juga, ada beberapa faktor lain, salah satunya  investor

“Infrastruktur itu butuh waktu ya, tergantung swastanya juga . Di Jawa percepatan pertumbuahn ekonomi barunya cepat, karena jumlah penduduknya banyak, yang makan banyak,” ujarnya.

“Infrastruktur itu kan tergantung bagaimana masyarakat merespon. Ketika orangnya banyak pasti aktifitasnya semakin banyak.”

Comments

comments

Baca juga ini :  Luncurkan Program Gotong Royong Lawan Corona, RMC Bantu Warga Tidak Mampu yang Terpapar Virus Corona

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.